Pesan untuk Pemain Muda yang Lebih Populer Dibandingkan Selebriti


  •    Kukuh Wahyudi
  •    29/05/20 - 13:00
  •    692

Pesan untuk Pemain Muda yang Lebih Populer Dibandingkan Selebriti
Ilustrasi pemain muda di Indonesia. (Bolalob/Kukuh Wahyudi)

Pesepak bola saat ini tak seperti masa-masa sebelumnya. Banyak dari mereka yang popularitas di media sosialnya melebihi selebriti, bahkan sekali pun itu nama muda atau pendatang baru.

Banyak pemain-pemain muda yang bahkan belum menunjukkan konsistensi di kompetisi memiliki banyak pengikut di akun media sosialnya. Jumlahnya bahkan mengalahkan sosok-sosok yang memang tekah mengorbit di dunia hiburan Tanah Air.

Kondisi ini pun mendapatkan perhatian lebih dari para legenda timnas. Pemain muda yang memiliki popularitas tinggi justru menjadi berisiko menurunkan performanya. Kejadian ini sudah ada contoh kasusnya di beberapa tahun lalu. 

Kuniawan Dwi Yulianto, eks striker timnas jebolan PSSI Primavera, berharap para pemain muda tak terbuai dengan sanjungan di media sosial.

“Karena saya pernah merasakan muda, yang paling penting itu jangan pernah merasa cukup, terus bekerja keras, dan membumi. Tak usah menganggap pujian sesuatu yang wah,” tuturnya kepada Bolalob.



halaman 2 dari 3

Kurniawan pun menekankan agar pemain muda tak cepat puas saat sudah meraih prestasi di level junior.

“Keberhasilan pemain itu bukan di level junior, tapi menjaga prestasi sampai level senior,” ucap pelatih Sabah FA Malaysia itu.

Eks bek timnas seangkatan dengan Kurniawan, Yeyen Tumena, memiliki perbandingan di Indonesia dan Vietnam. Menurutnya kondisi di dua negara itu sama, yaitu banyak pemain yang merasa bintang.

“Termausk pemain muda yang super star. Di Vietnam langsung dihukum. Tak bisa main di timnas dengan merasa super star. Terlalu top di media sosial bisa menjadi masalah,” ujar Yeyen di kesempatan berbeda.

“Jika ada pemain merasa bintang tapi di lapangan tak septi bintang maka langsung diistirshatkan,” kata eks asisten Bhayangkara FC dan timnas senior itu melanjutkan.







Video Trending



Berita Terkait


1593241201891

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?