Wacana Penghapusan Degradasi Mengemuka jika Liga 2 2020 Dilanjutkan


  •    Rizqi Ariandi
  •    31/05/20 - 19:00
  •    512

Istimewa

Berbagai usulan mengemuka dalam rapat virtual antara PSSI dan klub Liga 1 serta Liga 2 2020. Usulan itu berkaitan dengan masa depan kompetisi musim ini yang sedang ditangguhkan sejak pertengahan Maret silam akibat pandemi Covid-19.

Dari Liga 1, mayoritas klub meminta kompetisi dihentikan dan kembali digelar setelah kondisi membaik. Ada juga yang meminta kompetisi tetap dilanjutkan, namun PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) diminta menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat bagi setiap tim dan pemain.




Sementara dari Liga 2, hampir semua klub menyarankan supaya kompetisi dihentikan. Akan tetapi, kalau PSSI tetap melanjutkan kompetisi, ada klub Liga 2 yang mengusulkan penghapusan degradasi.

Format ini sejatinya bukan hal baru saat situasi seperti ini. Di Jepang, kompetisi J1 League dan J2 League menghapuskan sistem degradasi, tapi aturan promosi tetap dipertahankan, meski efeknya jumlah peserta akan membengkak pada musim berikutnya.

Terkait kemungkinan-kemungkinan tersebut, pelaksana tugas (plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi enggan menjawabnya. Bahkan, ia merasa hal tersebut bukan kapasitasnya.

"Itu bukan ranah saya untuk menjawabnya. Nanti semua akan dibahas dalam rapat Exco PSSI," ujar Yunus Nusi saat dihubungi wartawan.




Rapat Exco nantinya akan membahas nasib kompetisi apakah bakal dibatalkan atau diteruskan. Lalu jika disetop, bagaimana siasat PSSI mengisi waktu tanpa kegiatan sepak bola. Dua opsi muncul yaitu menggulirkan turnamen atau kompetisi dengan format baru.

Adapun untuk Liga 2 musim ini, diikuti oleh 24 tim. Ke-24 tim itu dibagi ke dalam dua wilayah, yaitu Barat dan Timur.

Grup Barat diisi PSPS Riau, Babel United, Badak Lampung, Perserang Serang, Sriwijaya FC, PSMS, Tiga Naga, PSIM, Cilegon United, PSKC, Semen Padang, dan Persekat. Sementara di grup Timur bercokol Mitra Kukar, Persiba, Persijap, Sulut United, Persewar, Putra Sinar Giri, Persis, PSCS, Kalteng Putra, PSBS, PSHW, dan Martapura FC.

Terakhir diubah:  31/05/20 - 21:53






Video Trending



Berita Terkait


1593903601640

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?