Tanpa Sepak Takraw, Alfath Faathier Tak Mungkin Jadi Pemain Persija


  •    Rizqi Ariandi
  •    01/06/20 - 17:00
  •    476

Persija.id

Jalan yang tak mudah ditempuh pemain Persija Jakarta, Alfatf Faathier saat merintis kariernya sebagai pesepak bola. Bahkan, Alfath nyaris gagal menjadi pesepak bola, sesuai cita-citanya.

Pada saat berusia 10 tahun, Alfath terpaksa berhenti dari salah satu Sekolah Sepak Bola (SSB) di Kota Bandung karena tidak memiliki biaya. Namun, Alfath tidak menyerah.

Saat menginjak bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), Alfath mendapat beasiswa. Beasiswa itu didapat setelah Alfath berhasil menjadi juara dalam suatu turnamen sepak takraw.

"Saat SMP saya mendapat beasiswa 900 ribu rupiah karena berhasil membawa sekolah saya juara sepak takraw. Waktu itu orang tua bertanya uang ini untuk apa, saya jawab untuk kembali masuk SSB," kata Alfath, dalam sesi wawancara di channel Youtube Persija.




Setelah berhasil kembali ke SSB, Alfath harus menerima cobaan lainnya karena PSSI dibekukan oleh FIFA pada 2015. Ketika itu Alfath sedang bergabung dengan Diklat Persib.

Alfath kemudian banting stir ke dunia futsal. Dia sempat memperkuat tim Futsal Kota Bandung (FKB) dan berlaga di Liga Futsal Indonesia.

Saat sanksi PSSI dicabut oleh FIFA, Alfath mencoba kembali merintis karier di sepak bola. Sempat kesulitan mendapat klub, Alfath kemudian mendapat tawaran untuk menjalani trial di Persiba Balikpapan.

"Alhamdulillah, ada yang menghubungi dari Persiba Balikpapan untuk bergabung dan bertemu dengan kawan lama saya, Heri Susanto. Waktu itu di sana empat hari hujan di Balikpapan. Saya manfaatkan untuk mengembalikan fisik saya dengan berlatih futsal dan dilihat oleh pelatih," kata Alfath.




Yang menarik, saat melakoni debut di Persiba, Alfath bertanding dengan Persija, tim yang kini diperkuatnya. Sayangnya, debut Alfath tidak berakhir manis.

"Kala itu Persiba kalah 2-0. Walau kalah saya sangat bangga dapat bertemu pemain Persija yang selama ini hanya saya saksikan di televisi. Tiga tahun kemudian saya menjadi bagian Persija dan satu tim dengan pemain-pemain bintang tersebut. Tentunya sangat bangga," tutupnya.

Kini Alfath tidak hanya menyandang status sebagai pemain Persija, tim besar dan disegani di Tanah Air. Suami dari Ratu Rizky Nabila itu sempat memperkuat Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2018, panggung internasional pertamanya.







Video Trending



Berita Terkait


1593689401505

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?