Demi Main di Indonesia, Marc Klok Rela Pura-pura Pensiun


  •    Robert
  •    03/06/20 - 18:00
  •    9520

FIN

Ada cerita unik dibalik keputusan pemain asal Belanda, Marc Klok berkiprah di Indonesia dalam usia yang cukup muda saat itu, yakni 24 tahun.

Tahun 2017 Klok memutuskan untuk bermain di PSM Makassar, usai meninggalkan klub Skotlandia, Dundee FC.




Dalam proses meninggalkan Dundee, Klok sempat tak mendapat persetujuan dari presiden klub. Ia pun harus berbohong dan mengatakan tidak akan bermain sepak bola lagi.

"Dia [presiden Dundee] tidak mau saya pergi. Orang tidak tahu cerita ini, saya ke presiden dari klub Skotlandia, dan saya bilang ke dia bahwa saya mau berhenti bola, dan tidak mau main lagi, saya mau ke Belanda," cerita Klok pada Hamka Hamzah dalam wawancara di kanal Youtube Hamka dengan nama Hamka Story 23.

"Saya bilang saya tidak suka main bola lagi, dan saya mau kerja yang lain di Belanda," ucapnya sambil tertawa.
halaman 2 dari 3
Klok yang sedang menjalani proses naturalisasi Indonesia, mengatakan dirinya dibantu oleh pelatih Rene Robert Alberts dalam mencari klub di Indonesia. Banyak pihak yang kaget, termasuk dari keluarga mengenai keputusannya hijrah ke Indonesia.

"Coach Robert dengan agennya bernama Franc, orang Belanda juga tapi tinggal di Vietnam," kata Klok.

"Dia bilang, 'Klok kamu mau ke Indonesia? Saya punya stopper tapi dia tidak mau bertahan. Dia (Robert Alberts) baru telpon saya untuk pertama kalinya. Saya pikir, 'di Indonesia ada bola?'," ujar Klok. "

"Saya tahu Indonesia, tetapi saya tidak tahu ada sepak bola dan liga. Sebelumnya saya pernah liburan bareng istri ke Indonesia," tutur pemain bernomor punggung 10 ini.

"Saya cek internet, saya telpon (Willjan) Pluim, saya bicara dengan keluarga dan mereka kaget," kata Marc Klok. "Namun, orang tua saya mendukung, mereka oke. Selama saya senang mereka pun demikian," ucapnya mengakhiri.

Di musim keempatnya di Liga 1, Klok berlabuh di ibukota bersama Persija Jakarta. Selama tiga musimnya di PSM, Klok sukses membantu Juku Eja meraih gelar Piala Indonesia tahun 2019 lalu. halaman 3 dari 3
Terakhir diubah:  03/06/20 - 19:11






Video Trending



Berita Terkait


1593217801281

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?