Mengenal Sosok Marina Granovskaia Yang Jadi Otak Transfer Besar Chelsea


  •    Robert
  •    05/06/20 - 19:00
  •    1.692

Mengenal Sosok Marina Granovskaia Yang Jadi Otak Transfer Besar Chelsea
Sky Sports

Sosok Marina Granovskaia tumbuh menjadi salah satu wanita paling berkuasa di sepak bola, dimana ia menjadi kepala urusan transfer dan direktur olahraga Chelsea.

Wajahnya selalu menghiasi laman depan media Inggris dan dunia saat Chelsea mengumumkan rekrutan terbaru atau pemain yang baru saja mendapatkan kontrak baru.

Marina seperti tangan kanan pemilik klub, Roman Abramovich dan Ia jarang memberikan wawancara di media dan hanya sesekali berkomentar singkat di situs klub.

Baca Juga :


Wanita Rusia-Kanada ini sudah lebih dulu bekerja di perusahan minyak Abramocivh selama lebih dari 20 tahun. Marina dengan cepat mencuri hati Abramovich dengan kinerjanya yang baik. Perusahaan minyak yang dibeli tersebut berhasil dijual 250 kali lipat pada tujuh tahun kemudian.



Dan ketika sang bos membeli klub Chelsea pada tahun 2003, Granovskaia pun ditempatkan di London.

Selama tujuh tahun berikutnya, Marina semakin mendapat tanggung jawab besar di Stamford Bridge. Dua gelar juara Liga Primer Inggris dimenangi Abramovich dalam tiga tahun pertamanya sebagai pemilik Chelsea dan hal itu juga berkat dukungan kerja Marina. Begitu juga ketika Chelsea mencapai semifinal Liga Champions lima kali dalam enam tahun pertama di bawah pemilik baru. halaman 2 dari 4
“Dia (Marina Granovskaia) pada dasarnya adalah kekuatan utama di Chelsea. Roman Abramovich sudah memercayainya secara tersirat. Dia tidak tertarik menjadi selebritas sepakbola, akan tetapi tidak ada keraguan lagi bahwa ‘siapa yang bertanggung jawab dan siapa yang akan memberi keputusan klub’ selain dirinya,” menurut seorang narasumber yang dikutip dari Evening Standard.

“Pencapaiannya adalah simbol dari fakta bahwa dia sangat penting dalam membawa Jose kembali ke Stamford Bridge. Kita semua tahu bahwa Jose telah berselisih dengan Abramovich dan membuat keharmonisan mereka berdua berubah menjadi permusuhan yang sangat sengit. Tapi dengan perannya (Granovskaia), masalah itu bisa selesai.”



Lepas dari urusan trofi, Granovskaia adalah sosok visioner dalam merancang rencana jangka panjang klub. Ia sukses menjalin kerjasama dengan Vitesse Arnhem untuk menjadi tim satelit Chelsea dalam mengembangkan para pemain muda.

Selain itu Granovskaia juga memindahkan tempat latihan Chelsea ke Cobham, yang dibuka pada 2007 dan menjadi salah satu markas latihan terbaik di Inggris.

Pada 2010, Marina menerima peran sebagai perwakilan Abramovich dan dalam tiga tahun, wanita ini masuk jajaran direksi Chelsea.

Pada 2017, Marina Granovskaia, mendemonstrasikan kekuatan negosiasinya dengan menggandeng Nike sebagai sponsor utama klub senilai 60 juta pound per tahun sampai 2032.
halaman 3 dari 4
"Aktivitas transfer Chelsea tidak ditentukan oleh Maurizio Sarri. Sarri sudah pernah menyatakan dia terlibat sangat minim dalam urusan transfer," ujar reporter Sky Sports, Kaveh Solhekol, seperti di lansir Express pada musim lalu.

"Ya, dia memang memberikan masukkan. Namun, kita dapat melihat dalam kasus Antonio Conte. Dia sangat frustrasi karena tidak bisa mengontrol aktivitas transfer klub."

Menurut Solhekol, Marina tidak segan untuk turun gunung bernegosiasi dengan para agen. Marina akan sibuk dengan teleponnya pada bursa transfer.

"Di Chelsea, banyak hal yang dikontrol Marina. Dia adalah orang yang bernegosiasi, berbicara dengan para agen."

"Marina adalah sosok penting di balik layar pembelian pemain Chelsea. Dia selalu menelepon selama 18 jam sehari," kata sang reporter.



Dalam empat musim terakhir Chelsea sukses menjual banyak pemain dengan harga selangit. Sebut saja Eden Hazard yang dibanderol 90 juta pound ke Real Madrid di awal musim. Lalu ada nama-nama lain seperti Diego Costa (59 juta pound), Oscar (54), Alvaro Morata (50 juta) dan David Luiz (44.5 juta).

Chelsea nampak tak kesulitan mendapat pengganti para pemain andalannya yang pergi. Pergerakan terbarunya adalah merekrut Hakim Ziyech (Ajax) dan Timo Werner (RB Leipzig) untuk memperkuat skuat Chelsea musim depan. Dimana sebelumnya Chelsea dijatuhi larangan transfer selama dua periode.

Nama lain yang sukses didatangkan Granovskia adalah Kepa (72 juta pound), Jorginho (51), Kovacic (40) dan juga Christian Pulisic (57). halaman 4 dari 4






Video Trending



Berita Terkait


1602205202495

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?