7 Masalah Cedera Yang Umum Terjadi di Sepak Bola


  •    Robert
  •    08/06/20 - 13:30
  •    1.353

7 Masalah Cedera Yang Umum Terjadi di Sepak Bola
Stewarts Law

Sepak bola telah menjadi olahraga paling populer di dunia saat ini dan menjadi cara yang bagus untuk membangun daya tahan tubuh, meningkatkan kecepatan, dan meningkatkan kebugaran, semuanya dinikmati sebagai olahraga tim.

Baca Juga :


Sepak bola termasuk olah raga yang relatif aman, dengan perbandingan tingkat cedera seperlima hingga setengahnya ketimbang American Football. Tetapi Anda masih bisa cedera, karena sepak bola melibatkan gerakan maju dan berhenti yang cepat dan adanya kontak fisik, yang dapat menyebabkan cedera.

Menurut UPMC Sport Medicine ada beberapa macam cedera yang umum terjadi di sepak bola, berikut daftarnya:

1. Pergelangan kaki terkilir (Ankle sprain)



Keseleo pergelangan kaki adalah sobekan pada ligamen pergelangan kaki. Ligamen ini menahan bagian pergelangan kaki atau menghubungkannya dengan tulang lain di kaki dan kaki. Ini adalah cedera yang sangat umum namun menyakitkan.

Para pemain bisa mendapatkan ini ketika salah menapak, usai lompat. Atau biasanya terkena tekel lawan.

2. Otot Paha (Hamstring strains)



Paha belakang adalah otot-otot yang berjalan dari bagian bawah pinggul Anda ke bagian belakang lutut Anda. Gejala regangan hamstring biasanya berupa nyeri tajam tiba-tiba di bagian belakang paha, sering kali saat berlari atau melakukan tendangan atau gerakan peregangan yang cepat. halaman 2 dari 4
3. Ligamen Lutut



Ligamen menghubungkan tulang. Empat ligamen di lutut memegang tulang paha ke tulang kering:
  • Anterior cruciate ligament (ACL), yang terletak di tengah lutut, mengontrol gerakan maju dan rotasi tulang kering
  • Posterior cruciate ligament (PCL), juga terletak di tengah lutut, mencegah tulang kering dari geser ke belakang
  • Medial collateral ligament (MCL), yang terletak di bagian dalam lutut, memberikan stabilitas pada bagian dalam sendi
  • Ligamen kolateral lateral (LCL), di bagian luar lutut, memberikan stabilitas pada lutut luar
Cidera pada ligamen ini membuat atlet tidak bisa menekuk lutut dengan benar. Mengubah arah secara tiba-tiba saat berlari dan terkena benturan langsung ke lutut dapat menyebabkan cedera ligamen lutut.

4. Patah Tulang Selangka (Clavicle Fracture)



Fraktur klavikula adalah tulang selangka yang patah. Ini adalah cedera umum yang terkait dengan trauma pada bahu atau dampak langsung ke klavikula.

Klavikula, atau tulang selangka, memberikan stabilitas dan kekuatan pada bahu Anda. Ini juga melindungi saraf dan pembuluh darah yang mengalir dari leher ke bahu.

Biasanya pemain terjatuh dan mengenai bahu mereka. Penjaga gawang sering mendapat cedera ini.

5. Foot Fracture (Patah tulang kaki)



Patah kaki dan tungkai disebabkan oleh benturan atau tekanan yang kuat, melebihi kemampuan tulang untuk meredamnya. Tekanan kuat tersebut dapat berupa adanya benturan dari tekel lawan. halaman 3 dari 4
6. Cedera Kepala



Cedera kepala dalam dunia sepak bola biasanya terjadi akibat benturan sesama pemain, tiang gawang, tanah, ataupun bola. Bahkan jika para pemain bisa terkena gegar otak.

Kejadian ini sering terjadi pada saat pemain lompat dan salah jatuh atau menghantam tanah. Gegar otak adalah trauma serius pada otak yang mengubah cara kerjanya. Gegar otak biasanya menyebabkan efek sementara termasuk sakit kepala dan masalah dengan ingatan, konsentrasi, penilaian, keseimbangan dan koordinasi

7. Meniskus



Meniskus adalah sepotong tulang rawan di lutut berupa bantalan dan berfungsi untuk menstabilkan sendi serta melindungi tulang dari keausan. Meniskus bisa robek dan cedera akibat manuver saat bermain sepak bola. Selain itu, cedera meniskus juga bisa terjadi pada olahraga yang membutuhkan lompatan, seperti bola voli dan basket. halaman 4 dari 4






Video Trending



Berita Terkait


1567350002254

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?