China Mulai Panggil Pemain Uighur di Tim Nasional


  •    Robert
  •    08/06/20 - 22:00
  •    5.594

China Mulai Panggil Pemain Uighur di Tim Nasional
Twitter Titan Sport

Suku Uighur adalah salah satu suku minoritas di Xinjiang, China, dimana mereka memeluk agam Islam.

Sorotan dunia kepada pemerintah China mengenai persekusi etnis Muslim Uighur membuat heboh pada tahun lalu. Penahanan massal orang-orang Uighur di China dan etnis minoritas lainnya yang tinggal di wilayah barat Xinjiang telah memicu kekhawatiran dan kecaman di seluruh dunia.




Namun di olahraga banyak atlet China keturunan Uighur mulai mendapatkan tempat. Seperti pemain basket nasional China, Abudushalamu Abudurexiti. Di sepakbola ada pemain Shanghai SIPG, Mirahmetjan Muzepper. Ia memiliki total 7 caps di timnas senior China.

Begitu juga dengan bintang Arsenal dan Jerman, Mesut Ozil yang memiliki darah keturunan Uighur. halaman 2 dari 3
Kali ini di Timnas U-16 China terdapat lima pemain asal Uighur dalam persiapan mereka untuk tampil di Piala AFC U-16 2020. Sementara Timnas U-19 China ada enam pemain dari wilayah Xinjiang. Nama-nama seperti Permanjan Kiyum (Evergrande) Nebijan Muhmet (Beijing Guoan) Abdursul Abudulam, Subi Ablimit (Shandong Luneng) Afrden Asqer (Shaanxi FA) dan Shewketjan Tayir(Xinjiang FA) adalah pemain keturunan Uighur di Timnas U-19.

Tentu jika terus berkembang para pemain keturunan Uighur akan memiliki peran penting di tim nasional China di masa depan.

China sendiri memiliki ambisi untuk bisa lolos ke ajang Piala Dunia, dimana terakhir kali mereka bermain di putaran final pada edisi tahun 2002 lalu.




Demi menggapai target itu, Federasi Sepak Bola China juga melakukan program naturalisasi besar-besaran kepada para pemain keturunan dan juga pemain asing. Mayoritas diisi pemain Brasil.

Sejak April lalu China melakukan pemusatan latihan, walau jadwal domestik dan internasional hancur akibat pandemi virus corona di wilayah Asia dan dunia.

Dari 28 nama terbaru yang dipanggil oleh Li Tie untuk TC di Shanghai, ada tiga pemain naturalisasi. Aloisio (Luo Guofu), Elkeson(Ai Kesen) dan Nico Yennaris (Li Ke). Dua nama terakhir sudah melakoni debutnya untuk China. Sementara Aloisio baru pertama kalinya mendapat panggilan dari timnas. halaman 3 dari 3






Video Trending



Berita Terkait


1592464294506

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?