Cerita Irfan Bachdim yang Pernah Ditolak Persib dan Persija


  •    Kukuh Wahyudi
  •    12/06/20 - 15:00
  •    1.389

Cerita Irfan Bachdim yang Pernah Ditolak Persib dan Persija
Irfan Bachdim, pernah dapat penolakan. (instagram/@ibachdim)

Irfan Bachdim sempat menjadi mega bintang di Indonesia usai penampilan gemilangnya di Piala AFF 2010. Tapi ternyata tak lama sebelum itu, jasanya pernah tak laku di Indonesia.

Momen tersebut terjadi sekitar periode 2009 di mana ia baru akan mencoba peruntungan untuk berkarier di Indonesia. Saat itu, Bachdim muda memilih ikut seleksi di Persib dan Persija.

Hasilnya tak sesuai keinginannya. Ia ditolak.

"Saya dulu trial di Bandung (persib) dan Bandung langsung berbicara 'ah kualitas kurang'. Saya memang masih muda juga. Saya rasa usai 20 atau 21 tahun," ucapnya di channel Youtube Hanif Sjahbandi dan Rendy Juliansyah, Hanif & Rendy Show.

Usai gagal di Bandung, Bachdim harus menempuh perjalanan sekitar 152 km untuk menuju Ibu Kota Jakarta.

"Setelah Persib bilang tak mau. Saya pergi ke Persija. Waktu itu pelatih Persija (2009/10) Benny Dollo. Tim bagus sekali saat itu, ada Baihakki (Khaizan) dari Singapura, Abanda (Herman), Bambang Pamungkas, dan Ismed (Sofyan). Semua ada di sana," kata jebolan Ajax Amsterdam junior itu.




"Benny Dollo mau, 'Kamu cukup bagus untuk main di sini (Persija)'. Tapi manajemen bilang Irfan terlalu kecil dan masih terlalu muda," tutur Bachdim lagi.

Ia pun balik ke Belanda lagi sebelum akhirnya direkrut oleh pelati Timo Scheunemann untuk bergabung ke Persema Malang (2010-2012).

Saat berseragam Persema dan bersua dua tim yang pernah menolaknya, ia pun memiliki motivasi lebih untuk menunjukkan kualitas.

"Yaitu jadi motivasi buat saya. Waktu ada kesempatan di Persema main lawan Persija dan Persib ada semangat luar biasa. Setelah itu waktu saya main di timnas (Piala AFF 2010) Persib dan Persija baru mau," ujar pemain kelahiran Amsterdam, 11 Agustus 1988 itu.

"Saya tidak mau sebut itu sebuah pembalasan Tapi kamu mau menunjukkan kalau kamu cukup bagus." atanya lagi. halaman 2 dari 2






Video Trending



Berita Terkait


1597198202073

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?