Kisah Dua Pemain-Klub yang Memang Tak Ditakdirkan Bersama


  •    Kukuh Wahyudi
  •    15/06/20 - 08:00
  •    10.050

Kisah Dua Pemain-Klub yang Memang Tak Ditakdirkan Bersama
Hamka Hamzah (kiri) dan Muhammad Ilham. (Bolasport.com, Istimewa)

Ibarat pasangan yang memang tidak ditakdirkan bersama, klub dan pemain pun demikian. Walaupun ada sebuah klub sudah berkali-kali menawarkan kontrak kepada pemain yang jelas-jelas berminat, bila tidak jodoh maka kedua pihak tak akan bersama.

Kasus di atas benar-benar ada di Liga Indonesia. Bahkan klub yang bersangkutang sampai tiga kali atau tiga musim berturut-turut menawari kontrak kepada sang pemain. Tapi, tak kunjung terealisasi untuk berkerja sama.

Kasus tersebut dialami oleh Persib saat meminati Hamka Hamzah dan PSM yang ngebet ingin merekrut Muhammad Ilham.


halaman 2 dari 4
Hamka Hamzah
Hamka Hamzah. (instagram/@officialpersita)

Ternyata Hamka pernah hampir berseragam Persib mulai Divisi Utama 2006/07. Kala itu ia ditawari eks pelatihnya di Persija, Arcan Iurie, yang baru didaulat sebagai juru taktik Persib.

"Memang tak jodoh. Tiga musim berturut-turut (ditawari kontrak). Ketika Arcan Iurie dari Persja pindah ke Persib itu pemain yang ditawari pertama di Persib saya," tutur Hamka Hamzah dalam channel Youtube Rian D'Masiv, Rian Ekky Pradipta.

"Sampai saya sempat deal dengan Pak Haji Umuh (Muchtar) ketika di Solo (TC timnas) sebelum timnas berangkat ke Iran. Sudal deal harga, tinggal tanda tangan (kontrak), dan kasih DP (down payment)," ucapnya lagi.

"Tak tahu tiba-tiba tidak jadi. Hal itu yang agak susah (diceritakan). Garis tangan tak bisa dibohongi. Banyak yang bilang tidak cinta persib. Padahal ya itu jalan hidup saya. Mungkin tidak jadi pemain tapi jadi pelatih di Persib," kata Hamka lagi. halaman 4 dari 4
Muhammad Ilham

Nama Ilham begitu melekat bersama Persija. Sudah tiga kali dirinya berseragam Persija. Pertama pada 2007-2011, 2013, dan 2015. Selain itu ia pun sudah perna berseragam Persikota, Persib, dan Persebaya.

Namun, kenapa dia tak pernah berseragam PSM yang notabene klub daerahnya?

"Bukan saya tidak mencintai Makassar. Tapi saya waktu itu ditawari tiga kali main di PSM tapi tidak pernah deal dengan harga," kata Ilham di channel Youtube Ferdinand Sinaga.

"Tidak cocok dengan harga. Karena ya mungkin saya asli sini jadi saya tidak dihargai. Mungkin Hamka (Hamzah) terakhir-terakhir (pemain asli Makassar) yang sudah dihargai waktu itu," ucap Ilham lagi.

Hamka yang tercatat kerap berganti-ganti klub memang pernah kembai ke PSM pada 2017. Sementara Ilham belum pernah semusim pun berseragam PSM.






Video Trending



Berita Terkait


1596418202340

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?