Popularitas Pemain Muda Indonesia Unggul Jauh dengan Pesepak Bola Muda Inggris


  •    Kukuh Wahyudi
  •    17/06/20 - 12:00
  •    4.289

Garuda Select. (Mola TV)

Mantan pelatih Akademi Barito Putera, Ilham Romadhona, menceritakan perbedaan popularitas pemain muda di Indonesia dengan Inggris. Menurutnya, kondisi di dua negara itu timpang.

Ilham yang pernah mendampingi skuat Garuda Select angkatan pertama tahu betul bagaimana bagaimana kehidupan pemain muda Inggris. Di sana, pemain junior tak sepopuler di Indonesia.

"Saya teringat saat Garuda Select kemarin. Pemain-pemain muda yang sudah tampil di top level tim Chelsea, Arsenal, orang-orang tidak ada yang kenal di sana," tutur Ilham di situs resmi Barito Putera.




Hal seperti itu tentu berbanding terbalik dengan Indonesia di mana pemain-pemain muda memilik banyak pengikut di media sosialnya. Bahkan angkanya bisa melebihi sosok-sosok yang memang bergelut di dunia entertainment setiap harinya.

"Di sini, pemain 18 dan 19 tahuin sudah terkenal. Tak salah juga, tapi di situlah tugas kami sebagai pelatih. Saya sering ajang diskusi pemain Garuda Select agar tak terpaku pada gadget dan media," ucapnya lagi.

Menurut Ilham, yang penting pemain muda tak mmfokuskan diri dengan apa-apa yang ada di media sosial. Mental harus kuat dengan kritikan warganet dan harus cerdik menghinfari star syndrome. halaman 2 dari 2






Video Trending



Berita Terkait


1593059401655

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?