5 Calon Pemain Multiposisi di Indonesia


  •    Kukuh Wahyudi
  •    17/06/20 - 15:00
  •    9.162

5 Calon Pemain Multiposisi di Indonesia
Alfendra Dewangga (depan), salah satu bek serba bisa. (Bolalob/Kukuh Wahyudi)

Saat ini Tony Sucipto, Novri Setiawan, dan Ricky Fajrin menjadi tiga nama yang dikenal sebagai pemain serba bisa atau multiposisi. Di masa depan, Indonesia bakal memiliki penerus mereka.

Dari mulai Asnawi Mangkualam hingga Bagus Kahfi berpotensi menjadi pemain serba bisa di timnas dan di liga. Bolalob mencatat ada sekitar lima nama pemain yang piawai memainkan multiperan itu. Berikut daftarnya:

Baca Juga :
halaman 2 dari 4
1. Asnawi Mangkualam
Sebelum dikenal sebagai bek kanan muda dengan kualitas tinggi, Asnawi lebih dulu bekerja keras untuk mewujudkan kariernya sebagai seorang gelandang bertahan.

Namun, jalan hidupnya berbelok karena diplot oleh Indra Sjafri di timnas U-19 sebagai bek kanan. Alhasil, kini dirinya bisa tampil sama baiknya sebagai gelandang dan bek kanan.

2. Rachmat Irianto
Rachmat disebut-sebut sebagai calon bek tengah masa depan. Namun, faktanya ia tak hanya piawai sebagai palang pintu terakhir sebelum kiper.

Anak dari Bejo Sugiantoro itu juga bisa tampil sangat baik sebagai gelandang bertahan dan bek saya. Kinerjanya di dua posisi itu pernah terlihat di timnas dan Persebaya.

3. Alfeandra Dewangga
Popularitas Dewangga makin melesat setelah pelatih timnas, Shin Tae-yong, memasukkan namanya dalam TC timnas senior. Padahal, sebelumnya dia hanya berstatus sebagai pemain timnas U-19.

Namun, kendati saat ini dirinya lebih dikenal sebagai bek tengah, Dewangga memiliki keahlian sebagai bek sayap seperti yang ia perankan saat di PPLP Jawa Tengah.

"Waktu itu saya disarankan kakak saya untuk ikut seleksi (PPLP) di posisi bek kiri saja dan alhamdulillah lolos. Tapi seiring berjalannya waktu pelatih saya menginstruksikan saya bermain di bek tengah," katanya kepada Bolalob. halaman 4 dari 4
4. Fajar Fathurrahman
Fajar atau biasa disapa Pace tampil sangat baik bersama timnas U-19 di Kualifikasi Piala AFC U-19 2020. Di bawah arahan pelatih Fakhri Husaini, Pace mampu memerankan tugasnya sebagai penyerang sayap dengan apik.

Namun saat mengikuti program Garuda Select di angkatan kedua, 2020, ia justru diplot sebagai bek kanan. "Awalnya bingung karena tak biasa. Tapi kini sudah paham dengan tugas bek kanan," ucap Fajar.

5. Bagus Kahfi
Bagus bisa menjadi solusi timnas di masa depan. Ia bisa tampil sangat baik sebagai striker tunggal di lini depan.

Tapi, kembaran Bagas Kaffa itu pun bisa memerankan tugasnya dengan sama baiknya sebagai pemain sayap. Dua peran itu kerap ia mainkan saat berseragam timnas U-18 dan U-19.
Terakhir diubah:  19/06/20 - 11:55






Video Trending



Berita Terkait


1589340601557

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?