Jika Liga 1 Berlanjut, Persib Belum Berencana Hadirkan 'Penonton' di Stadion


  •    Rizqi Ariandi
  •    18/06/20 - 08:00
  •    727

Jika Liga 1 Berlanjut, Persib Belum Berencana Hadirkan 'Penonton' di Stadion
Persib Bandung, Detik Sport

Manajemen Persib Bandung belum berencana membuat terobosan baru untuk menghadirkan 'penonton' di stadion ketika Liga 1 2020 kembali digulirkan.

Memang, jika Liga 1 2020 kembali digulirkan, semua pertandingan akan digelar tanpa penonton sebagai antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19).

Namun, di beberapa negara, ada terobosan untuk tetap bisa membuat penonton 'hadir' di stadion, seperti yang dilakukan di Korea Selatan dan Jerman.

Baca Juga :


Di Korea Selatan, ada klub yang mengisi kursi tribun mereka dengan boneka sebagai 'pengganti' penonton, lalu klub Bundesliga Jerman, Borussia Moenchengladbach memenuhi bangku tribun stadionnya degan boneka yang terbuat dari kardus.

Mengenai apakah hal seperti itu bisa diterapkan di Indonesia khususnya di Persib, manajemen mengaku belum berpikir sampai ke situ.

"Ya kita memang melihat itu, misal di Denmark ada tv-nya itu gambar penonton di sekeliling stadion dan lapangan. Cuma kita belum memikirkan sampai sebegitunya, karena itu tadi, ujung-ujungnya kita perlu menghitung juga,” kata Direktur Persib, Teddy Tjahjono.

"Okelah kalau hanya sound system, enggak terlalu mahal. Tapi kalau misal kayak pasang boneka atau pasang LED dengan gambar-gambar penonton sudah pasti secara biaya itu akan memakan biaya yang cukup besar," tutur Teddy menambahkan.

halaman 2 dari 3
Teddy mengatakan sampai saat ini manajemen Persib masih terus mempertimbangkan tentang biaya dan keuntungan yang didapat jika memilih opsi tersebut.

"Jadi kita belum tahu ke depan meskipun udah banyak referensi dari luar sebenernya, tetapi cost dan benefit-nya seperti apa gitu," ujar Teddy.

PSSI sendiri sampai hari ini belum memutuskan kapan Liga 1 2020 akan kembali digulirkan.

Baca Juga :


Wacana yang berkembang sampai saat ini adalah kompetisi akan dilanjutkan pada September atau Oktober dengan memusatkan semua pertandingan di Pulau Jawa.

Namun, keputusan akhir ada di tangan para anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Mereka akan segera mengadakan rapat untuk menentukan apakah Liga 1 musim ini jadi digulirkan kembali atau tidak. halaman 3 dari 3






Video Trending



Berita Terkait


1611531002628

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?