10 Pemain Jebolan La Masia Yang Menjadi Bintang di Klub Lain


  •    Robert
  •    18/06/20 - 15:00
  •    1808

Bolalob

Barcelona dikenal sebagai klub yang menghasilkan pemain muda berbakat dari akademi terkenal milik mereka La Masia.

Beberapa nama lulusan La Masia yang sukses menembus tim utama Barcelona dan tersohor antara lain Pep Guardiola, Charles Puyol, Andres Iniesta, Xavi, Hernandez, hingga pemain terbaik dunia saat ini Lionel Messi.




Selain Messi, beberapa jebolan La Masia lainnya juga sampai saat ini masih bermain bersama Barcelona. Sebut saja Sergio Busquets, Gerard Pique, Jordi Alba, serta Sergi Roberto.

Namun banyak juga pemain jebolan La Masia yang justru sukses di klub lain, usai mereka tak banyak mendapat kesempatan di era emas Pep Guardiola sebagai pelatih. Berikut beberapa pemain jebolan La Masia yang tenar di klub lain:

1. Mauro Icardi (PSG)



Banyak yang tak mengetahui bahwa Icardi memulai karir juniornya bersama Barcelona dari tahun 2008 hingga 2011. Dimana Barca pada akhirnya melepas sang pemain ke Sampdoria. Dua tahun berselang, Icardi pindah ke klub Serie A lainnya, yakni Inter Milan. Namanya muali terangkat di Serie A.

Konflik kepentingan dirinya dengan klub membuat Inter terpaksa meminjamkan Icardi ke Paris Saint-Germain dan dikontrak secara permanen di akhir musim ini.

2. Adama Traore (Wolverhampton)



Penmapilan apik Traore musim ini di kancah Liga Primer Inggris mengundang perhatian banyak klub. Siapa sangka ia pernah bermain untuk Barcelona. Selama 11 tahun ia bergabung di La Masia dan sempat mencicipi debut senior pada Noevmber 2013 sebagai pemain pengganti.

Sulitnya bersaing di Barca membuat ia dikontrak oleh Aston Villa pada tahun 2015 dan Middlesbrouh satu tahun kemudian. Namun pada tahun 2018 ia menjadi pemain andalan Wolves dan membawa tim itu promosi ke Liga Primer pada musim lalu.

3. Pepe Reina (Aston Villa)



Ia sempat membela Barcelona pada medio 2000-2002. Tapi, kedatangan Robert Enke membuat posisi Reina hilang. Ia pun lebih sering gonta-ganti klub, mulai dari Villarreal, Liverpool, Napoli, Bayern Munchen, dan Milan. Karir kiper Spanyol itu terangkat saat bermain untuk Liverpool, dimana o meraih gelar Liga Champions pada tahun 2005. Saat ini Reina kembali ke Inggris untuk bermain di Aston Villa. halaman 2 dari 4
4. Mikel Arteta (Pelatih Arsenal)



Arteta pernah menimba ilmu di La Masia pada 2000. Namun, Arteta kesulitan menembus skuat utama Barcelona.

Setelah itu, Arteta mencari karir baru di beberapa klub Eropa seperti Paris Saint-Germain, Glasgow Rangers, Real Sociedad, Everton hingga Arsenal. Arteta mulai tampil apik sejak memperkuat Everton dan Arsenal.

Setelah menjadi asisten Pep Guardiola di Manchester City, Arteta memutuskan untuk pergi dan menjadi pelatih Arsenal saat ini.

5. Andre Onana (Ajax)



Namanya melambung sejak kegemilangan Ajax lolos ke semifinal Liga Champions musim lalu dan juga meraih gelar ganda domestik di Belanda. Setelah lima musim di La Masia, Onana memilih bergabung dengan Ajax dan menjadi kiper nomor satu Timnas Kamerun sejak tahun 2016 lalu.

6. Hector Bellerin (Arsenal)



Mengikuti jejak Fabregas untuk pindah dari La Masia ke Arsenal. Sejak pindah ke akademi Arsenal pada 2011 dan promosi ke tim utama pada 2013, di era Arsene Wenger, Hector Bellerin mengamankan tempat di sisi kanan pertahanan Arsenal. Namun belakangan dirinya sering berkutat dengan cedera.

7. Thiago Alcantara (Bayern Muenchen)



Bersama sang kakak Rafinha, THiago bergabung dengan La Masia pada 2005. Ia kemudian promosi ke tim utama Barcelona pada 2009

Namun, ia sulit mendapatkan menit bermain dibawah pelatih Pep Guardiola. Pada 2013, Alcantara hengkang ke klub asal Jerman, Bayern Munchen hingga saat ini. Bersama Bayern, Alcantara sukses meraih enam trofi Bundesliga, serta masing-masing tiga Piala Jerman dan Piala Super Jerman. halaman 3 dari 4
8. Dani Olmo (RB Leipzig)



Pemain terbaik di kejuaraan Eropa U-21 tahun 2019 lalu ini ternyata adalah jebolan La Masia. Olmo berani meninggalkan Barca pada tahun 2015 ke klub Kroasia, Dinamo Zagreb dan sukses meraih tiga gelar liga disana. Pada bulan Januari lalu klub Jerman, RB Leipzig resmi merekrutnya. Ia menjadi jantung permainan tim Bundesliga saat ini.

9. Alex Grimaldo (Benfica)



Salah satu bek kiri yang banyak mendapat tawaran dalam beberapa musim terakhir di bursa transfer. Ia bermain di Benfica sejak tahun 2015 lalu setelah hanya dipercaya tampil di Barcelona B selama empat musim.

10. Keita Baldé (Monaco, sedang dipinjamkan ke Inter)



Balde berada di La Masia sejak usia 9 tahun, Balde memilih untuk angkat kaki dari Spanyol dan putuskan gabung raksasa Italia, Lazio di tahun 2015.

Ia tampil cukup konsisten selama empat musim di Lazio dan memutuskan untuk pindah ke Monaco pada musim 2017–18. Saat ini ia kembali ke Italia untuk menjalani masa pinjaman di Inter.

Meskipun belum terlalu gemilang lewat 16 gol dan 15 assists dalam 60 laga, Balde masih memiliki banyak waktu untuk berkembang mengingat kini masih berusia 25 tahun. Striker ini pun masih membuka peluang jika Barcelona menginginkan jasa lagi dan berjanji bakal tampilkan permainan apik. halaman 4 dari 4
Nama-nama lain:

Selain daftar diatas, Barca banyak kehilangan talenta muda berbakat dari La Masia dalam beberapa tahun terakhir. Sebut saja Sergio Gomez dan Mateu Morey (Borussia Dortmund), Takefusa Kubo (Real Madrid), Ia Carlo Pveda, Adrian Bernabe dan Eric Garcia (Manchester City), Jordi Mboula (Monaco), Pablo Moreno (Juventus) dan juga Xavi Simons (PSG).
Terakhir diubah:  25/06/20 - 20:35






Video Trending



Berita Terkait


1593616201667

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?