PSSI: Gaji Pemain Profesional di Indonesia Harus Diatas UMR


  •    Robert
  •    29/06/20 - 15:30
  •    556

PSSI: Gaji Pemain Profesional di Indonesia Harus Diatas UMR
Radar Solo/Liga 2

Miris memang melihat masih banyaknya pemain profesional di Indonesia yang memiliki gaji dibawah Upah Minimum Regional (UMR). Khususnya di kompetisi Liga 2.

Apalagi dengan adanya pandemi virus corona yang memaksa pemain mendapatkan potongan gaji dari klub, lantaran tak adanya pertandingan.

“Banyak pemain yang seperti itu, terutama di Liga 2. Ada yang masih bergaji Rp5 jutaan yang, kalau dipotong jadi tinggal 25 persen sesuai keputusan PSSI, berarti hanya menerima Rp1,25 juta, di bawah UMR. Itu, kan, tidak pas,” ujar Kuasa Hukum APPI Riza Hufaida beberapa waktu lalu.




Melihat hal ini PSSI baru saja merilis Surat Keputusan terbaru, dimana salah satu poin yang dihasilkan adalah peraturan mengenai gaji pemain dan pelatih pada saat kompetisi sepak bola bergulir.

Keputusan terbaru dari PSSI yaitu mempersilahkan kepada klub kontestan Liga 1 membayar sebesar 50 persen, sementara Liga 2 sebesar 60 persen atau sekurang-kurangnya di atas upah minimum regional (UMR) di daerah klub masing-masing.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibanding pada saat kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2 dihentikan force majeure akibat pandemi Covid-19. halaman 2 dari 3
Sebelumnya, PSSI mempersilahkan tim kontestan Liga 1 dan Liga 2 memberikan gaji sebesar 25 persen pada bulan Maret sampai Juni 2020.

Iriawan mengatakan, pada saat pelaksanaan kompetisi, para pemain dan pelatih akan mengalami peningkatan jumlah pendapatan.

"Akan diskusi lagi nanti dengan pemilik klub ke pemain dan pelatih. Tapi tidak sama dengan sebelumnya," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.




"Sebelumya itu, kan 25 persen untuk sekarang itu Liga 1 ada di kisaran 50 persen, Liga 2 sampai 60 persen dari total nilai kontrak," sambungnya.

"Pokoknya sekurang-kurangnya itu sesuai dengan upah menimum regional yang berlaku di masing-masing domisili klub dan akan diberlakukan pada satu bulan sebelum kompetisi dan sampai berakhir kompetisi," pungkasnya. halaman 3 dari 3






Video Trending



Berita Terkait


1596442202258

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?