Sejarah Mengapa Pendukung Barcelona Disebut 'Cules'


  •    Kukuh Wahyudi
  •    29/06/20 - 18:47
  •    1115

'Cules' memenuhi Stadion Camp Nou. (La Liga)

Kalian mengaku sebagai pendukung Barcelona atau Cules? Tapi apakah kalian tahu dari mana awal mula kata Cules berasal?

Berikut penjelasan mengapa pendukung Blaugrana disebut Cules.

Dahulu kala pada dekade awal pembentukan klub, Barca masih belum bermain di Stadion Camp Nou seperti saat ini. Antara 1909-1922, markas tim berada di Carrer de la Industria atau Jalan Industri (saat ini bernama Carrer de Paris atau Jalan Paris)

Banyak orang yang berkumpul di lapangan tersebut untuk menonton permainan Barca. Saat itu tim asal Catalan itu sudah memiliki daya tarik, seperti sering meraih gelar Copa del Rey dan memiliki bintang-bintang klub, yaitu penyerang Paulino Alcántara, gelandang Josep Samitier, dan kiper Ricardo Zamora.

"Saat klub semakin berkembang dan menarik semakin banyak pendukung, tribun permanen dengan dua tingkat didirikan di samping lapangan yang paling dekat dengan jalan. Resmi dibuka pada 1916, tribun tersebut adalah yang pertama dibangun dalam lapangan sepak bola di Spanyol, dan kapasitas kemudian ditambah untuk menampung 6.000 pendukung," tulis rilis dari La Liga.


halaman 2 dari 3
Punggung-punggung suporter Barcelona yang menjadi cikal bakal sebutan Cules. (La Liga)


"Pejalan kaki yang kebetulan melewati lapangan di saat pertandingan berlangung akan melihat barisan panjang penonton yang duduk di dinding pada tribun teratas. Pemandangan tak biasa ini dianggap lucu oleh penonton yang telat datang atau pejalan kaki yang sedang berjalan menuju toko-toko sekitar.

Seiring berjalannya waktu, warga sekitar mulai memanggil pendukung Barça dengan sebutan ‘Culers’ atau ‘Culés,’ yang memiliki arti ‘mereka yang menunjukkan punggungnya.’ Julukan tersebut tak diartikan sebagai ejekan atau penghinaan, dan kemudian julukan tersebut diadopsi dengan bangga oleh pendukung tim, yang dengan senang hati menggunakannya untuk menjadi identitas mereka," tulis rilis melanjutkan.

Akhirnya julukan tersebut awet hingga saat ini meskipun Barca sudah pindah ke beberapa stadion. yaitu ke stadion terdekat, Les Corts, yang dibuka pada tahun 1922 hingga ke Camp Nou.
Terakhir diubah:  29/06/20 - 19:29






Video Trending



Berita Terkait


1593604801521

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?