Malaysia Aktif Memburu Pemain Keturunan untuk Dinaturalisasi


  •    Kukuh Wahyudi
  •    30/06/20 - 15:00
  •    2.110

Malaysia Aktif Memburu Pemain Keturunan untuk Dinaturalisasi
Marcel Kolanda, sedang dibidik Malaysia untuk dinaturalisasi. (New Straits Times)

Malaysia menyambut positif jika ada pemain keturunan yang ingin membela tim nasional Malaysia. Federasi sepak bola Malaysia (FAM) pun menampung informasi soal keberadaan pemain-pemain keturunan.

"Kami menyambut mereka yang ingin datang dan bermain untuk Malaysia. Tetapi kami tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan pemantauan (untuk pemain keturunan Malaysia). Mereka yang memiliki informasi dapat membantu kami," ucap Ketua Komite program naturalisasi FAM, Datuk Wira Yusoff Mahadi, seperti dikutip dari New Straits Times.

Sebagai contoh, Marcel Kalonda dari Zambia keturunan Sabah, Malaysia dari sang kakek adalah nama terbaru yang dikatakan tertarik untuk membela timnas Malaysia. Pemain bertahan 22 tahun itu ditemukan oleh seorang penggemar.

Namun, Yusoff menekankan bahwa para pemain keturunan harus sungguh-sungguh dan berkomitmen dalam mengenakan seragam Harimau Malaya. Ia memiliki alasan kuat untuk lebih selektif merespon info pemain keturunan setelah Harry Edge dari Selandia Baru ternyata ogah bermain untuk Malaysia.




"Sulit bagi kami untuk menjalankan cek pada mereka jika mereka tidak tertarik," katanya.

"Kami akan memeriksa informasi yang diberikan pada pemain yang direkomendasikan. Baru kemudian kami akan menindaklanjuti seperti apa yang telah dilakukan dengan Marcel Kalonda," ujar Yusoff lagi.

Saat ini Malaysia memang lebih gencar membidik pemain keturunan ketimbang pemain "asing" yang harus memunuhi syarat tinggal lima tahun di Malaysia, seperti Mohamadou Sumareh dari Gambia dan Liridon Krasniqi dari Kosovo. Sementara stok pemain keturunan yang sudah Malaysia miliki adalah Brendan Gan, Matthew Davies (keduanya dari Australia), La'Vere Corbin-Ong dari Inggris, dan Dominic Tan dari Singapura. halaman 2 dari 2






Video Trending



Berita Terkait


1595226602094

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?