3 Kekurangan TC Timnas U-16 di Tengah Wabah Corona


  •    Kukuh Wahyudi
  •    06/07/20 - 21:00
  •    576

3 Kekurangan TC Timnas U-16 di Tengah Wabah Corona
Bima Sakti, pelatih timnas U-16. (PSSI)

Pelatih Bima Sakti mulai memimpin pemusatan latihan (TC) timnas U-16 proyeksi Piala AFC U-16 2020. Namun, TC yang berlangsung di Stadion Patriot, Bekasi, 6-29 Juli 2020, itu terdapat beberapa rintangan.

Wabah virus Corona yang masih melandang Indonesia dan dunia nyatanya berpengaruh besar kepada persiapan tim. Bima bahkan tak bisa langsung tancap gas karena semua hal harus menyesuaikan dengan kondisi terkini, terutama soal protokol kesehatan.

Bahkan TC timnas U-16 terpaksa berjalan dengan kekurangan-kekurangan di beberapa area. Bolalob coba merangkum poin-poin yang menjadi kekurangan di TC timnas kali ini. Berikut daftarnya:

Baca Juga :
halaman 2 dari 5
1. Terpaksa Mengulang Materi
Timnas U-16. (PSSI)

Idealnya TC timnas U-16 kali ini melanjutkan materi latihan yang sudah didapat dari TC sebelumnya. Namun, kenyataanya tak bisa seperti itu.

Bima terpaksa mengulang materi-materi sebelumnya lebih dulu agar para pemain mengingatnya lagi. Tidak adanya TC di lapangan langsung dalam durasi sekitar empat bulan ternyata berpengaruh besar terhadap pemahaman taktik dan strategi pemain.

"TC kali ini kami lebih pengenalan kembali. Rewind lagi (materi latihan). Adaptasi latihan saja," ucap Bima dalam rilis PSSI. halaman 4 dari 5
2. Fisik Pemain Tak Ideal
Timnas U-16. (PSSI)

Pemain timnas U-16 sejatinya mendapatkan instruksi untuk berlatih mandiri. Meski begitu, kondisi fisik mereka pasti bakal menurun karena efek latihan mandiri tak sebaik latihan reguler bersama timnas.

Bima tak bisa langsung tancap gas dengan intensitas tinggi karena fisik pemain belum ideal.

"Intensitas latihan kami kurangi. Tak mungkin latihan langsung dengan tempo tinggi karena sebelumnya pemain hanya latihan individu. Mungkin minggu kedua terus ketiga meningkat lagi," ujarnya. halaman 5 dari 5
3. Susah Cari Lawan Uji Coba
Timnas U-16. (PSSI)

Wabah virus Corona yang masih melanda dunia membuat TC timnas U-16 terganggu. Pasalnya, pelatih Bima Sakti kesulitan mencari lawan uji coba bulan ini.

"Semoga situasi semakin membaik lagi. Lebih kondusif lagi. Semoga bisa lakukan uji coba internasional. Pasalnya, pada Juli ini kami agak sulit untuk mencari lawan internasional. Jadi kami hanya internal gim dan lawan tim lokal," tuturnya.






Video Trending



Berita Terkait


1605250802818

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?