Sri Sultan Tanggapi Batalnya Yogyakarta Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021


  •    Rizqi Ariandi
  •    07/07/20 - 09:30
  •    3.181

Sri Sultan Tanggapi Batalnya Yogyakarta Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021
Stadion Mandala Krida, Yogyakarta. (Tribun Yogyakarta)

Pencoretan Stadion Mandala Krida sebagai salah satu venue pertandingan Piala Dunia U-20 2021 karena faktor aktivitas gunung Merapi mendapat tanggapan dari Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Menurut Sultan, aktivitas gunung Merapi adalah hal wajar.

"Yang Merapi memang aktivitas, ya selamanya kalau memang takut Merapi, selama Merapi ada, tidak bisa pindah. Lha bagaimana mau memindahkan Merapi kalau alasan pencoretan dari FIFA karena aktivitas Merapi," kata Sultan kepada awak media di Yogyakarta.

Sultan mengatakan, soal pencoretan Stadion Mandala Krida sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20, ia menerimanya dengan legawa. Pasalnya, itu merupakan wewenang PSSI.

"Ya keputusan memang ada di PSSI, ya saya bisa apa? Kalau sudah diputuskan begitu (saya) mau apa," ucapnya.


halaman 2 dari 3
Karena pencoretan tersebut, Sultan akan mengalihkan dana renovasi Stadion Mandala untuk hal lain yang juga perlu mendapat perhatian. Salah satunya untuk penanganan pandemi virus corona (Covid-19) di Yogyakarta.

"Kami sudah mencoba memperjuangkan dari kemarin, kami dari kemarin sudah mengalokasikan (anggaran) untuk memperbaiki stadion. Tapi kalau memang batal dan itu pasti, ya sudah, uangnya saya pakai untuk menangani Covid-19 saja," kata Sultan.




Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menjelaskan alasannya mencoret Stadion Mandala Krida sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20 2021. Erupsi yang kerap terjadi dari Gunung Merapi menjadi penghalang.

"Soal Mandala Krida kami sudah melihat, ini beberapa kali FIFA menanyakan tentang erupsi atau vulkanik atau Gunung Merapi," kata Mochamad Iriawan, dalam jumpa pers di Kantor Kemenpora, Jumat (3/7/2020).

"Nah itu yang menjadi catatan dari FIFA, kita tidak bisa menahan kapan gunung itu tidak menyemburkan laharnya kan, jadi itu pertimbangannya," ujarnya menambahkan.

Selain Mandala Krida, ada juga Stadion Pakansari yang tercoret dari venue Piala Dunia U-20. Sementara 6 stadion yang telah diajukan secara resmi ke FIFA di antaranya Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Jakabaring (Palembang). halaman 3 dari 3






Video Trending



Berita Terkait


1596337202020

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?