Matsuda Bersaudara, Dua Pemain Keturunan Indonesia yang Sukses di Liga Jepang


  •    Rizqi Ariandi
  •    08/07/20 - 09:00
  •    5.593

Matsuda Bersaudara, Dua Pemain Keturunan Indonesia yang Sukses di Liga Jepang
Riku dan Riki Matsuda (Istimewa)

Kita tentu tidak asing dengan sejumlah para pemain keturunan Indonesia yang berkompetisi di Belanda. Namun rupanya, ada dua pemain keturunan yang kini sedang berkarier di Liga Jepang.

Kedua pemain tersebut adalah Riku dan Riki Matsuda. Keduanya merupakan saudara kembar asal Jepang berdarah Indonesia.

Baca Juga :


Mereka lahir di Osaka, Jepang, 24 Juli 1991. Mereka memiliki garis keturunan Indonesia dari sang ayah yang berasal dari Jawa, sementara ibunya adalah orang Jepang.

Riku dan Riki mengawali karier sepak bilanya di Biwako Seikei Sport College. Kini keduanya bermain untuk dua tim berbeda.

Riku yang berposisi sebagai bek kanan bermain untuk Cerezo Osaka, sementara Riki merupakan seorang penyerang yang kini memperkuat tim J2 League, Ventforet Kofu. halaman 2 dari 3
Riku Matsuda

Riku berseragam Cerezo sejak musim 2016. Bersama Cerezo, bek kanan yang dibanderol dengan harga 1,35 juta poundsterling atau setara Rp27 miliar ini total sudah bermain 160 kali dengan catatan 5 gol dan 15 assist.

Sebelum bergabung dengan Cerezo, Riku pernah memperkuat FC Tokyo. Ia memperkuat tim asal ibu kota tersebut dari musim 2013-2015.

Riki Matsuda

Berbeda dengan saudara kembarnya, Riki berposisi sebagai penyerang. Nilai pasarannya pun di bawah saudara kembarnya tersebut, yaitu 'hanya' 405 ribu poundsterling atau setara Rp8 miliar.

Tidak seperti Riku yang bermain untuk dua tim besar J-League, FC Tokyo dan Cerezo Osaka, Riki lebih sering bermain untuk tim-tim yang tidak terlalu mentereng seperti Oita Trinita, Jeff Chiba, dan Avispa Fukuoka.

Kini ia sedang bermain untuk tim dari J2 League, Ventforet Kofu. Secara regulasi, Riku dan Riki masih memiliki peluang bermain untuk timnas Indonesia, karena keduanya belum pernah mendapat panggilan oleh timnas Jepang di segala level kelompok umur. halaman 3 dari 3
Terakhir diubah:  21/07/20 - 10:41






Video Trending



Berita Terkait


1563271801894

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?