Deretan Pemain Berdarah Pulau Dewata yang Menghiasi Skuad Timnas Indonesia


  •    I Ngurah Made Wirya Darma
  •    11/07/20 - 16:30
  •    3.084

Made Putra Kaicen dan Kadek Arel saat TC Timnas U-16
Skor ID

Eksistensi pemain berdarah Bali di Timnas Indonesia memang bisa dibilang cukup konsisten terutama dalam satu dekade terakhir. Setelah era I Komang Putra, I Made Pasek Wijaya dan I Putu Gede Swi Santoso pada tahun 90an, nama-nama pemain asal Pulau Dewata kembali meramaikan skuad Tim Garuda pada periode 2010 keatas. Bolalob pun mencoba merangkum beberapa nama pemain berdarah Bali yang sempat memperkuat Tim Merah Putih di berbagai kelompok usia.

Dimulai saat I Putu Gede Juniantara yang turut menjadi bagian dari skuad Timnas U-19 menjuarai turnamen Piala AFF U-19 tahun 2013 silam. Putu Gede yang bermain untuk Bhayangkara FC ini pun sukses menunjukkan konsistensi dengan terus menjadi langganan Timnas U-23 sampai dengan senior.




Prestasi Putu Gede pun diikuti Kadek Raditya Maheswara disusul I Kadek Agung Widnyana Putra di angkatan selanjutnya. Kadek Agung bahkan menjadi bagian dari skuad Timnas U-22 saat menjuarai turnamen Piala AFF U-22 tahun 2019 lalu di Kamboja.

Di angkatan selanjutnya, ada nama Komang Teguh Trisnanda yang muncul sebagai salah satu bek tengah tangguh dalam skuad asuhan Fakhri Husaini. Komang Teguh juga menjadi bagian dari skuad Timnas Indonesia U-16 kala menjuarai turnamen Piala AFF U-16 tahun 2018 lalu.

Belum selesai sampai disana, pada angkatan berikutnya kembali nama pemain berdarah Pulau Dewata hadir menghiasi skuad Timnas Indonesia. Kali ini di skuad Timnas U-16 asuhan Bima Sakti dimana ada nama penjaga gawang Made Putra Kaicen dan bek tengah Kadek Arel Priyatna. Keduanya bahkan kerap menjadi pilihan utama kala Timnas U-16 menjalani berbagai turnamen bergengsi. halaman 2 dari 3
Selain nama-nama diatas, jangan lupakan juga beberapa nama seperti I Made Wirawan, I Gede Sukadana, Anak Agung Ngurah Wahyu Trisnajaya, Agus Nova Wiantara, serta I Made Andhika Wijaya juga sempat menghiasi skuad Timnas Indonesia.

Konsistensi pemain asal Bali di skuad Timnas Indonesia memang sudah dibuktikan oleh nama-nama diatas. Kesuksesan mereka mengharumkan nama negara di kancah internasional bukan tidak mungkin akan memunculkan lagi nama-nama lainnya di tahun-tahun berikutnya.




Apalagi dengan kehadiran Bali United dimana manajemen tim Serdadu Tridatu juga memiliki program pembinaan usia muda dalam program Bali United Youth. Skuad Bali United Youth ini yang selalu disiapkan untuk mengikuti turnamen Elite Pro Academy dalam setiap tahunnya.

Hasilnya memang cukup positif dimana pada tahun 2016 hingga tahun 2019, tim Bali United Youth dari berbagai kelompok umur yang bermaterikan mayoritas putra asli Bali sukses melenggang minimal hingga babak semi final. halaman 3 dari 3
Terakhir diubah:  11/07/20 - 20:00






Video Trending



Berita Terkait


1596527758611

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?