Termasuk Nyoman Paul Aro, Pelatih Timnas Pantau Pemain Keturunan di Luar Negeri


  •    Robert
  •    12/07/20 - 13:30
  •    12.846

Nyoman Paul Aro
Nyoman Paul Aro (Instagram)

Keinginan PSSI untuk bisa memanggil pemain keturunan Indonesia yang bermain di luar negeri memang bukan isapan jempol belaka.

Beberapa nama bahkan sudah sempat dipanggil untuk mengikuti seleksi, sebut saja Jack Brown dan Stefan Antonic yang namanya pernah masuk dalam daftar panggil yang pada akhirnya batal.

PSSI tentu ingin Timnas Indonesia U-19 tampil dengan kekuatan terbaik di ajang Piala Dunia U-20 2021 mendatang, dimana Indonesia akan menjadi tuan rumah.




Secara terbuka Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan akan mencari pemain keturunan untuk jangka panjang. Tidak seperti yang sudah-sudah, dimana para pemain asing yang dinaturalisasi sudah di penghujung karir mereka.

"Dalam rapat terbatas bersama Pak Presiden Jokowi (Joko Widodo), beliau mengatakan kenapa tidak melakukan naturalisasi pemain?" ujar Iwan Bule beberapa waktu lalu.

"Lalu saya bilang, saya tidak alergi, tetapi kalau naturalisasi datangnya dari umur 37 (tahun), kemudian dari sana (negara asalnya) dia hanya bermain di Liga 3 dan Liga 4, untuk apa," lanjutnya.

"Tetapi kalau mungkin nanti naturalisasi, siapa tahu ada yang umur 19 tahun," ucapnya.

"Kalau memang dia pemain yang bagus, kemudian mudah prosesnya, meringankan beban PSSI, itu akan kami pertimbangkan," tambahnya. halaman 2 dari 3
Salah satu nama yang tengah dibicarakan publik adalah Nyoman Paul Aro. Pemain keturunan Indonesia yang bermain di Swedia.

Pemain berusia 19 tahun tersebut bergabung dengan Skovde AIK U-19 di kasta kedua sepak bola Swedia.




Bahkan asisten pelatih Timnas U-19 Nova Arianto membenarkan kabar dirinya meminta data Nyoman dan pemain keturunan lain di luar negeri.

"Ya, benar cuma komunikasi untuk minta video dan CV nya aja," ujar Nova dikutip dari Bolasport.

"Bukan, cuma staf mengumpulkan data dan nama-nama pemain yang ada keturunan indonesia dan bermain di luar," ujar Nova.

Paul Aro mengaku punya darah Indonesia dari sang ibu. Dia pun punya keinginan untuk membela Timnas Indonesia.

Berharap tentunya PSSI bergerak cepat untuk mengamankan pemain muda berbakat keturunan Indonesia di luar negeri. halaman 3 dari 3






Video Trending



Berita Terkait


1596956401493

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?