Cerita Kim, Seleksi ke Persama Malang Hanya di Halaman Rumahnya


  •    Kukuh Wahyudi
  •    13/07/20 - 06:00
  •    803

Kim Jeffrey Kurniawan, gelandang Persib.
Kim Jeffrey Kurniawan, gelandang Persib. (instagram/@kimkurniawan)

Sebelum menjadi ikon Persib seperti saat ini, Kim Jeffrey Kurniawan mengawali karier di Indonesia bersama Persema Malang. Namun, ada yang unik dalam proses dirinya bergabung dengan Persema.

Kala tawaran datang, sebenarnya Kim sudah tak berambisi berkarier profesional sebagai pesepak bola. Pasalnya, ia sedang menjalani kualiah saat itu dan telah menikmati iklim sepak bola amatir di Jerman. Terlebih lagi dirinya memiliki riwayat cedera lutut yang membuatnya sedikit ragu.

"Tiba-tiba saat usia sudah 19-20 tahun, saya sudah kuliah dan main (sepak bola) amatir di Jerman, Coach Timo (Scheunemann) datang. Ia datang ke rumah juga, mengajak 'ayo Kim saya melatih Persema. Mau tidak datang ke Indo untuk main bola?," kata Kim di channel Youtube Hanif Sjahbandi dan Rendy Juliansyah, Hanif & Rendy Show.

Saat itu, sebenanrya Kim kaget karena Timo begitu nekat datang ke Jerman menghampiri dirinya. Padahal, tak ada jaminan bahwa Kim sesuai ekspektasinya.

Baca Juga :


"Buat dia agak berisiko karena dia kenal saya dari internet saja. Pada saat itu pun lagi off season di Jerman jadi tak bisa lihat latihan dan pertandingan," tutur Kim.

"Pas dia datang ke rumah 'coba dong kita kehalaman kamu. Kamu pegang bola saya ingin lihat bagaimana skill-nya.' Sebenarnya trialnya kaya gitu. Terus dia bilang 'saya si percaya statistik dan lain-lain. Saya kenal sepak bola Jerman dan saya yakin. Datang dong ke Indo'. Saya dan Irfan (Bachdim) akhirnya datang ke Indo," ucapnya lagi.

Ia pun mendarat di Indonesia pada 2010 namun saat proses naturaliasinya sednag berlangsung dan dalam proses kontrak di Persema, ia justru mengalami cedera. Beruntung pada 2011 akhirnya ia menjalani debutnya bersama Persema hingga tiga musim di sana. halaman 2 dari 2






Video Trending



Berita Terkait


1598958002142

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?