Kilas Balik Piala Dunia 1979, Saat Pertama Kali Timnas Indonesia Ikut Serta


  •    Robert
  •    13/07/20 - 19:30
  •    8.995

Nusakini.com
Nusakini.com

Sejarah mencatat Timnas Indonesia pernah bermain di Piala Dunia U-20 atau saat itu bernama FIFA World Youth Championship pada tahun 1979 silam di Jepang.

Indonesia menjadi salah satu dari tiga wakil dari Asia untuk ajang Piala Dunia Junior bersama tuan rumah Jepang dan Korea Selatan.




Indonesia lolos ke putaran final menggantikan Irak yang mengundurkan diri. Begitu juga dengan Korea Utara yang berada di peringkat ketiga kejuaraan Asia junior tahun 1978 kala itu.

Irak dan Korea Utara menolak ikut serta ajang FIFA World Youth Championship lantaran event itu disponsori oleh produk asal Amerika Serikat, seperti Coca Cola. halaman 2 dari 3
Negara Timur Tengah lain yang menjadi perempat finalis dan berbeda pandangan politik dengan AS, pun melakukan aksi boikot. Situasi itu ternyata menjadi berkah untuk Indonesia. Untuk pertama kalinya Indonesia bermain di Piala Dunia walau di tingkat junior.

Berada di Grup B pada putran final bersama Argentina, Polandia dan Yugoslavia, Indonesia menjadi bulan-bulanan.




Kekalahan telak didapat oleh Indonesia yang kala itu dilatih oleh Sutjipto Suntoro, saat Argentina menang 5-0 dengan hattrick dari Diego Maradona.

Di dua laga selanjutnya kembali Indonesia kalah telak 6-0 dari Polandia dan 5-0 dari Yugoslavia.

Selepas Piala Dunia junior edisi tahun 1979 tersebut, praktis tidak terdengar lagi kiprah skuat Garuda pada ajang bertaraf dunia hingga Indonesia ditunjuk oleh FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang. halaman 3 dari 3






Video Trending



Berita Terkait


1596795971711

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?