Perang Saudara Libya Mengantarkan Konate Berkarir di Indonesia


  •    Rizka Perdana Putra
  •    13/07/20 - 21:00
  •    2.015

Makan Konate
persebaya.id

Usia Makan Konate masih menginjak 19 tahun ketika bergabung dengan klub Liga Libya, Al-Akhdhar pada awal tahun 2011. Namun, perang saudara Libya membuat Konate harus kembali ke negara asalnya, Mali.

Perang Saudara Libya terjadi mulai bulan Februari sampai Oktober 2011. Perang itu berawal dari sebuah aksi unjuk rasa menuntut mundur pemimpin Libya, Muammar Al-Qaddafi.

Nah, akibat perang tersebut, liga sepak bola di Libya sempat dihentikan sementara. Konate, yang sebenarnya sudah beberapa kali tampil bersama Al-Akhdar, akhirnya memilih kembali ke Mali.




“Waktu saya main di Liga Libya disana perang 2011. Saya akhirnya pulang ke Afrika dan latihan bersama salah satu tim Liga 1 disana (Mali),” cerita Konate di Channel Youtube Hanif & Rendy Show.

Namun, Konate saat itu tidak ingin melanjutkan karir di negara asalnya. Sama seperti kebanyakan pemain Mali lainnya, ia ingin mengembangkan karir di luar negeri. Alasannya, klub sepak bola di Mali dianggap belum begitu menjanjikan untuk pengembangan karir.

“Saya umur 19 tahun pertama kali ke luar negeri. Kalau main di Mali pasti kami cari usaha biar bisa main di luar. (Karena) kalau kondisi sepak bola (Mali) tidak terlalu besar, fasilitas (kurang), jadi cari rezeki biar bisa main di luar,” ucapnya.

halaman 2 dari 3

Akhirnya, atas bantuan agen, Konate berlabuh ke salah satu klub liga Indonesia, PSPS Pekanbaru pada tahun 2012. Bagi Konate, itu adalah pengalaman pertamanya mengenal negara Indonesia.

“Saya dapat tawaran dari agen. Saya cerita, saya bilang (ingin main di luar), dia bilang oke dia bisa cari tim untuk saya di Indonesia. Itu pertama kali saya dengar negara Indonesia,” ujarnya.

Pilihan yang tidak salah bagi Konate. Sebab, karirnya terus berkembang di Indonesia. Setelah setengah musim di PSPS dan Barito Putera, Konate akhirnya merasakan gelar juara Liga Indonesia bersama Persib Bandung tahun 2014.

Sempat bergabung bersama T-Team FC (Terengganu), Malaysia selama satu musim, Konate lalu kembali bermain di Indonesia bersama Sriwijaya FC (2018), Arema FC (2019) dan kini membela Persebaya Surabaya (2020).

halaman 3 dari 3






Video Trending



Berita Terkait


1596754802326

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?