Elkan Baggott Lahir di Thailand Tapi Punya Paspor Indonesia


  •    Robert
  •    24/07/20 - 09:30
  •    12.795

Elkan Baggot - Ipswich Town (Dok pribadi Elkan Baggot)
Elkan Baggot - Ipswich Town (Dok pribadi Elkan Baggot)

Bek Indonesia keturunan Inggris, Elkan Baggott mendapat panggilan untuk ikut dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Jakarta pada pekan ini.

Timnas U-19 dipersiapkan untuk tampil di ajang Piala Asia U-19 di Uzbekistan bulan Oktober dan juga Piala Dunia U-20 tahun depan di Indonesia.

Elkan Baggott menjadi satu-satunya pemain keturunan yang terpanggil pada edisi kali ini. Ia bermain untuk tim Inggris, Ipswich Town U-18.

Baca Juga :


Walau lahir di Thailand, Baggott mengenal sepakbola di Indonesia atau saat bersekolah di British School Jakarta (BSJ) pada tahun 2011 lalu. Dirinya juga pernah ikut latihan di Arsenal Training Center di Jakarta.

Dirinya belum lancar dalam berbahasa Indonesia namun sudah mengerti apa yang orang ucapkan.

“Ehmm, beberapa kata saja. Enggak begitu. Tapi kalau orang bilang sesuatu kepadaku, aku mungkin bisa mengerti beberapa kata,” kata Elkan Baggott di YouTube Yussa Nugraha.

“Saya juga bisa bilang, saya berasal dari Jakarta,” tuturnya menambahkan. halaman 2 dari 3
Ayahnya adalah orang Inggris dan ibunya berasal dari Indonesia, namun ternyata ia lahir di Bangkok, Thailand. Ia tentu memiliki dua paspor dan harus memilih satu kewarganegaraannya pada usia 21 tahun nanti. Menurut Direktur Teknik, Indra Sjafri, dan salah satu anggota Komite Eksekutif, Endri Erawan, Baggott sudah memegang paspor Indonesia.

“Iya, aku tinggal di Indonesia selama tiga tahun. Kalau lahirnya di Bangkok, Thailand,” ujar Elkan Baggott.

“Tapi pekerjaan ayahku terus berubah, setelah itu kita pindah ke Indonesia. Dan ibuku juga orang Indonesia. Kita senang di Indonesia,” lanjutnya.

Baca Juga :


Di Inggris, Elkan bergabung dengan Witham Town terlebih dahulu sebelum akhirnya mendapat beasiswa dari Ipswich Town sejak 3,5 tahun lalu. Namun di klub divisi tiga liga Inggris (League One) tersebut, Elkan masih tergabung dengan tim U-18 & U-23 atau bukan skuat tim inti.

Elkan sudah bersama Ipswich Town sejak berusia 14 tahun dan sempat ikut menjuarai ajang Hospital Cup 2019. Ia baru saja pulih dari cedera tulang pelvis (panggul) yang dideritanya pada awal musim 2019-2020. Butuh lima bulan untuk masa pemulihan. halaman 3 dari 3






Video Trending



Berita Terkait


1601262002466

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?