Pemain Keturunan Indonesia Ini Pernah Bela Timnas Futsal Belanda, Begini Ceritanya


  •    Rissalah Maulana
  •    31/07/20 - 08:40
  •    5.415

jay idzes
instagram

Di Belanda, banyak pemain sepakbola yang mempunyai darah Indonesia dan masih meniti karir profesionalnya. Salah satu nama yang mungkin asing didengar adalah Jay Idzes.

Jay Idzes lahir di Belanda, 2 Juni 2000. Nenek dari garis Ibunya berasal dari Indonesia. Dari situ darah Indonesia mengalir. "Sebenarnya aku seperempat darah Indonesia. Tapi karena wajah banyak yang bilang aku keturunan setengah Indonesia," ujarnya.

Menekuni sepakbola sejak berumur tujuh tahun, Jay lama berkiprah di kota Eindhoven. Sempat bermain di tim akademi PSV Eindhoven pada 2009-2014, Jay memperkuat tim FC Eindhoven setelahnya.

Sukses menembus tim utama, Jay baru-baru ini dikontrak oleh tim divisi kedua eredivisie Belanda, Go Ahead Eagles. Dalam wawancaranya bersama di kanal youtube Yussa Nugraha, Jay mengaku juga pernah bermain futsal.

"Tahun pertama aku main di FC Eindhoven di tim juniornya, mereka ingin kita juga main futsal. Saat itu juga dibentuk timnas futsal Belanda U-17 dan ada trial dengan 90-100 pemain," kata Jay.




halaman 2 dari 3
Dari angka tersebut, Jay ternyata sukses masuk ke dalam 12 orang yang terpilih yang akhirnya mengikuti pemusatan latihan timnas futsal U-17 hingga bertanding melawan tim-tim dengan kultur futsal yang lebih kuat seperti Belgia, Portugal hingga Spanyol.

"Kami persiapan untuk menghadapi kualifikasi Olimpide Remaja. Kita bermain di Slovakia dan berada satu grup dengan Azerbaijan, Russia dan Slovakia. Tapi sayangnya enggak lolos," ungkap Yussa.

Turnamen yang dimaksud adalah kejuaraan futsal U-17 Eropa pada 2017 lalu. Eropa mendapat dua tiket ke cabor futsal Olimpiade Remaja 2018 di Buenos Aires. Berada di grup B, Belanda kalah bersaing dengan Russia dan Slovakia. Namun mereka sukses meraih kemenangan telak 7-0 atas Azerbaijan.

Belanda gagal lolos dari kualifikasi tersebut. Wakil Eropa di kelompok putra zona eropa diisi Rusia dan Slovakia.




Jay bahkan sempat bercerita pernah ikut masuk ke dalam latihan skuat timnas futsal senior. Sayangnya Jay enggan melanjutkan karirnya di futsal karena bukan impian yang ingin diwujudkannya.

"Cita-citaku main di lapangan sepakbola, bukan di futsal," katanya.

Jay sendiri berharap bisa tampil di liga teratas Belanda yaitu Eredivisie. Perihal memperkuat klub Indonesia dan skuat garuda, Jay memilih untuk fokus memantapkan performa dan karir beberapa tahun ke depan. halaman 3 dari 3


Top 5 Sepatu Futsal Terbaru Tahun 2020

Terakhir diubah:  03/08/20 - 16:27






Video Trending



Berita Terkait


1594179001534

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?