Bila Ditunjuk Jadi Sekjen Definitif, Yunus Nusi akan Mundur sebagai Exco PSSI


  •    Rizqi Ariandi
  •    02/08/20 - 10:00
  •    4.214

Anggota Exco PSSI, Yunus Nusi berpeluang jadi Sekjen PSSI secara definitif. Saat ini, ia menjabat sebagai Plt Sekjen sejak 20 April 2020
Istimewa

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Yunus Nusi berpeluang ditetapkan sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI definitif. Saat ini, Yunus merupakan Pelaksana tugas (Plt) Sekjen PSSI.

Jabatan itu diemban Yunus sejak 20 April 2020, atau satu pekan setelah Ratu Tisha Destria menyatakan mundur.

Meski merangkap jabatan sebagai Plt Sekjen dan anggota Exco, PSSI mengklaim Yunus Nusi tidak melanggar statuta organisasi.

"Posisi pak Yunus Nusi sebagai Plt Sekjen sekaligus anggota Exco yang jelas tidak melanggar statuta. FIFA dan AFC juga telah memberikan dukungan dan tidak mempermasalahkan hal ini. Korespondensi dengan FIFA dan AFC pun langsung ke Plt Sekjen PSSI," kata Head of Media PSSI, Eko Rahmawanto.


halaman 2 dari 4
Namun apabila nantinya Yunus Nusi ditetapkan sebagai sekjen definitif, pria yang juga menjabat Ketua Asprov PSSI Kalimantan Timur tersebut akan mengundurkan diri sebagai Exco.

"Bila nanti pak Yunus dikukuhkan sebagai Sekjen PSSI secara definitif, beliau pasti akan mengundurkan diri dari anggota Exco PSSI. Saat ini Plt Sekjen juga terus melakukan komunikasi dengan baik ke FIFA dan AFC," tutur Eko.




Peluang Yunus Nusi ditetapkan menjadi Sekjen PSSI secara definitif tidak terlepas dari pujian yang disampaikan Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

Ketua Umum PSSI itu mengaku puas dengan kinerja anggota Exco dua periode ini.

"Saya sudah nyaman, kok (bekerja dengan Yunus Nusi), kemudian (program dan rencana kerja) jalan semuanya, administrasi jalan," tutur Iriawan. halaman 3 dari 4
Meski demikian, jabatan Plt Sekjen PSSI yang diemban Yunus Nusi menuai kritik dari pengamat sepak bola, Tommy Welly.

Pria yang karib disapa Towel itu mengatakan PSSI telah melanggar Statuta FIFA pasal 61 ayat 4 yang menyebut sekjen tidak diperbolehkan menjadi delegasi kongres.




Menurutnya, Sekjen PSSI tidak boleh menjadi anggota dari salah satu badan PSSI.

Seperti diketahui, Yunus Nusi merupakan salah satu anggota Exco.

"Jika PSSI, organisasi yang semau-maunya, ya, memang wajar-wajar saja, sah-sah saja jika Plt Yunus Nusi mau dipertahankan," kata Towel dalam channel Youtube Gocek Bung Towel.

"Lalu apa artinya? Keputusan PSSI mengangkat Yunus Nusi sebagai Plt Sekjen saja adalah sudah pelanggaran. Bertentangan dengan statuta karena Yunus Nusi adalah anggota Exco PSSI juga Ketua Asprov Kaltim," tutur Towel menambahkan. halaman 4 dari 4






Video Trending



Berita Terkait


1597048201697

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?