Robertino Pugliara Nyaris Gabung Persib di 2007, Sebelum ke Persija


  •    Rizqi Ariandi
  •    03/08/20 - 12:30
  •    571

Gelandang asal Argentina, Robertino Pugliara, saat memperkuat Persib Bandung
striker.id

Gelandang flamboyan asal Argentina, Robertino Pugliara mengawali kariernya di Liga Indonesia dengan gabung Persija Jakarta pada musim 2007. Namun sebelum ke Persija, Robertino ternyata nyaris direkrut Persib Bandung.

Hal ini diungkapkan oleh pelatih Barito Putera yang merupakan legenda Persib, Djajang Nurdjaman.

Djanur -sapaan karib Djajang- pada Liga Indonesia 2007 merupakan asisten dari Arcan Iurie, pelatih kepala Persib.

Ia mengungkapkan bahwa sebelum ke Persija, bakat Robertino sudah tercium olehnya.

Baca Juga :


Namun, Arcan Iurie lebih memilih merekrut Leo Chitescu dari PSM ketimbang mendengarkan saran Djanur. Iurie kepincut dengan penampilan Chitescu bersama tim berjulukan Juku Eja tersebut.

Chitescu dinilai dapat menambal posisi Eka Ramdani yang harus mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia yang akan tampil di Piala Asia 2007.

Rupanya, keputusan Iurie merekrut Chitescu tidak tepat. halaman 2 dari 3
Pemain asal Rumania itu tidak berkembang dan di akhir musim posisi Persib melorot ke peringkat 5, sehingga gagal melaju ke babak 8 besar.

Robertino sendiri kemudian menjadi andalan di lini tengah Persija selama tiga musim, sebelum hengkang ke Persiba Balikpapan pada Liga Indonesia 2009.

"Waktu itu Persib yang juara paruh musim di wilayah barat ketemu PSM yang juara di wilayah timur, ketika itu bertemu di Piala Jusuf. Dari situ, Arcan ketemu Leo Chitescu. Mereka sering ngobrol, mungkin karena satu bahasa," kata Djanur dalam siaran podcast bersama Simamaung.

Baca Juga :


"Sementara saya waktu itu punya kesempatan untuk ambil kursus kepelatihan di Jakarta. Di sana, saya diajak Joko Malis untuk lihat pemain Argentina. Saya lihat Robertino. Saya bawa ke Bandung. Berantem saya sama Iurie, karena dia keukeuh mau Chitescu. Saya mau masukkin Robertino, tapi status saya sebagai asisten pelatih, dia (Iurie) yang menang," tutur Djanur menambahkan.

Namun, bak jodoh, Robertino akhirnya berlabuh juga di Persib pada musim 2016.

Ketika itu, Persib berlaga di turnamen 'rasa' kompetisi bernama Indonesia Soccer Championship (ISC), karena PSSI sedang dibekukan oleh FIFA akibat konflik kepengurusan. halaman 3 dari 3






Video Trending



Berita Terkait


1601271002558

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?