Fakta Menarik Emiliano Martinez: Si Kiper Miskin Yang Jadi Pahlawan Baru Arsenal


  •    Robert
  •    03/08/20 - 14:30
  •    6.793

Emiliano Martinez - Arsenal (Bolalob)
Emiliano Martinez - Arsenal (Bolalob)

Tak ada yang meyangka bahwa penjaga gawang Emiliano Martinez sudah berada di Arsenal selama 10 musim. Ia baru saja menjadi pahlawan The Gunners saat mengklaim juara Piala FA, usai menang 2-1 dari Chelsea di final.


Cederanya Bernd Leno pada bulan Juni lalu membuat manajer Mikel Arteta menyerahkan posisi nomor satu kepada Martinez.

Ia pun tak menyia-nyiakan kesempatan yang didapat dan menunjukan kapasitasnya sebagai pelapis yang sempurna bagi Arsenal. Sejauh ini, dia tampil cukup konsisten dalam sembilan kali di Liga Inggris dan dua kali di Piala FA dengan catatan empat cleansheet.

Baca Juga :


Salah satu penampilan apiknya adalah saat melakoni babak semifinal Piala FA kontra Manchester City. Arsenal menang 2-0.

"Laga itu sedikit emosional," kata Emiliano Martinez dikutip laman resmi klub.

"Bukan karena kami mengalahkan Man City, salah satu tim terbaik di Eropa saat ini, tetapi karena perjuangan saya untuk bisa bermain di final bersama klub tercinta," ujar dia.
halaman 2 dari 4
Ia berasal bukan dari keluarga yang berada, bahkan tawaran dari Arsenal membuat keluarganya sedih karena sang anak akan meninggalkan Argentina.

"Saya datang dari keluarga miskin," kata Emiliano Martinez. "Saya ingat di hari saya dan adik saya bisa makan, sementara ibu dan ayah saya tidak. Jadi saya tahu persis apa yang mereka harus lalui," terang kiper Arsenal itu. "Saya tinggal di Buenos Aires dan saya hanya bertemu mereka dua kali dalam sebulan, karena mereka tidak punya uang untuk beli bensin dan bertemu saya.

Baca Juga :


Ia pertama kali dilirik oleh Arsenal ketika dirinya berusia 17 tahun saat masih berada di Independiente. Sebelum terbang ke Inggris, dirinya bahkan sempat tak mendapat persetujuan dari keluarga. Namun, demi perbaiki ekonomi keluarga membuatnya terbang ke Inggris.


Piala FA itu memang terasa sangat spesial untuk Martinez karena untuk pertama kalinya ia terlibat langsung bersama Arsenal untuk meraih gelar juara.

Momen Martinez tak bisa menahan tangisannya itu terjadi ketika ia sedang diwawancarai usai Arsenal memastikan kemenangan 2-1 atas Chelsea di Stadion Wembley. Tangisan Martinez pecah ketika ia sedang ditanyakan mengenai keluarganya. halaman 3 dari 4
Berikut beberapa fakta unik tentang Emiliano Martinez:
  • Meskipun hanya bermain dua kali untuk Arsenal, ia pernah dipanggil skuad Argentina. Pada tahun 2011 ia diminta untuk mengganti Óscar Ustari yang cedera untuk pertandingan melawan Nigeria.
  • Saat dipinjamkan ke Sheffield Wednesday, ia terlibat pertengkaran dengan Joey Barton dalam kemenangan 3-0 atas QPR.
  • Jika dia tidak menjadi pemain sepak bola, dia akan mengejar karir di bidang sains. Sebelum bergabung dengan Arsenal, ia diterima di Institute of Future Technology (IFT) yang bergengsi di Buenos Aires.
  • Martinez mengatakan kepada surat kabar Argentina, La Noticia Impostura, bahwa ketika dia pertama kali tiba di klub, Jens Lehmann sangat membantu dia dan memberinya nasihat
  • Dia berasal dari keluarga yang kental dengan olahraga. Saudaranya, Martin, bermain sebagai striker untuk tim divisi dua Spanyol Recreativo Huelva, pamannya adalah peraih medali perak Olimpiade 1980 di ruang lompat galah, sementara ayahnya adalah juara Argentina Street Luge selama 6 tahun berturut-turut antara 1986 dan 1991.
  • Sebelum bergabung dengan Arsenal ia sempat menjalani uji coba di sejumlah klub Liga Premier termasuk Wigan, Portsmouth dan Norwich.
  • Ia sempat menjalani masa pinjaman di enam klub, Oxford United (2011-12), Sheffield Wednesday (2013-14), Rotherham United (2014-15), Wolverhampton (2015-16), Getafe (2017-18) dan Reading (2018-19).
halaman 4 dari 4
Terakhir diubah:  10/08/20 - 19:57






Video Trending



Berita Terkait


1600184795475

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?