Sering Gagal di Timnas Senior, Rahmad Darmawan Ungkap Kelemahan Pemain Indonesia


  •    Robert
  •    03/08/20 - 16:30
  •    3.617

Rahmad Darmawan (Celebes Media)
Rahmad Darmawan (Celebes Media)

Sering kali para pemain muda Indonesia menunjukan prestasi bagus di level junior, baik di panggung nasional maupun internasional.

Namun ketika berada di timnas senior, para pemain itu tak bisa menunjukan kemampuan terbaiknya. Bahkan gagal bersaing dengan negara-negara di Asia Tenggara.

Pelatih Madura United yang juga mantan arsitek Timnas Indonesia U-23, Rahmad Darmawan memiliki pandangan mengenai hal ini.

Coach RD, sapaan akrabnya menilai mental sebagai penyebab masalahnya. Mental yang maksud salah satunya adalah rasa cepat puas di usia muda.

“Mental ini banyak menjadi problem pemain-pemain kita. Mental itu banyak, salah satunya terlalu cepat puas,” kata eks pelatih Timnas Indonesia U-23 ini di YouTube Hanif & Rendy Show.

Baca Juga :


Selain itu sorotan media yang berlebihan juga menjadi faktor yang dianggap Coach RD masalah di sepak bola Indonesia.

“Makanya saya paling enggak suka sebetulnya ketika ada tim kelompok umur jadi juara dia sudah diarak seperti juara dunia,” tutur Rahmad Darmawan.

“Padahal itu fase transisi yang paling bahaya untuk pemain-pemain ini telalu mudah disanjung. Dia belum bisa menilai secara dewasa dan membuat keputusan yang baik di usianya menghadapi persaingan yang lebih besar,” imbuh eks pelatih T-Team itu.

Selain itu Coach RD mengatakan bahwa Indonesia kurang memiliki kompetisi usia dini, sebagai ajang para pemain menimba pengalaman bertanding sejak level junior. halaman 2 dari 2






Video Trending



Berita Terkait


1600993802198

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?