Legenda Persija Kenang Gelar Juara Terakhir di Era Perserikatan: PSMS Medan Lebih Diunggulkan


  •    Rizqi Ariandi
  •    04/08/20 - 06:00
  •    1.624

Wahyu Hidayat, pilar Persija Jakarta saat merebut gelar kesembilan di era perserikatan musim 1979
Persija.id

Persija Jakarta menjadi tim tersukses di Indonesia dengan total 11 gelar juara. Dari 11 gelar tersebut, sembilan di antaranya didapat saat era perserikatan.

Gelar juara terakhir yang didapat Persija di era perserikatan terjadi pada 1979.

Di laga penentuan yang dihelat di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, 20 Januari 1979, Persija menang atas PSMS Medan dengan skor tipis, 1-0.

Pada saat itu, PSMS sebenarnya lebih diunggulkan ketimbang Persija, karena tim berjulukan Ayam Kinantan tersebut hanya butuh hasil imbang untuk menjadi juara.

Baca Juga :

halaman 2 dari 3
Namun, salah seorang pemain Persija yang bermain pada laga tersebut, Wahyu Hidayat mengungkapkan kunci sukses timnya mengalahkan PSMS dan menjadi juara.

"Saat itu semangat para pemain berlipat ganda. Saat menginjak rumput GBK dan melihat banyaknya penonton, kami menekankan diri harus menang. Saya ingat betul momen itu," kata Wahyu, seperti dikutip dari laman klub.

Semangat yang diusung para pemain Persija ketika itu berbuah hasil manis.

Baca Juga :


Sempat kesulitan menembus pertahanan PSMS di babak pertama, Persija akhirnya memecah kebuntuan berkat gol Andi Lala pada pertengahan babak kedua.

Gol ini menjadi satu-satunya di laga saat itu dan membuat tim asuhan pelatih asal Polandia, Marek Jonata menjadi juara.

"Saat sudah memakai jersey Persija, semangat pemain bertambah. Kami tidak mau kalah. Apalagi saat itu banyak pemain yang asli dari Jakarta atau pun binaan Persija," tutur Wahyu. halaman 3 dari 3






Video Trending



Berita Terkait


1601271002558

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?