Arsenal Dikritik: Pecat Karyawan Karena Krisis Keuangan, Tapi Naikan Gaji Aubameyang


  •    Rissalah Maulana
  •    06/08/20 - 21:00
  •    666

arsenal
arsenal

Pada Selasa (5/8), di saat tim lain sibuk mencari pemain baru untuk persiapan musim depan, Arsenal malah melakukan pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Karyawannya.

Dalam rilis di laman resminya, Arsenal mengumumkan pandemi virus Corona berdampak pada keputusan PHK karyawan yang berjumlah 55 orang. Pandemi membuat mereka mengalami kesulitan keuangan pada klub.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh direktur sepakbola Arsenal Raul Sanllehi dan direktur pelaksana Vinai Venkatesham, mereka menunjuk penurunan tajam dalam pendapatan siaran sebagai alasan utama PHK tersebut.

PHK ini menarik perhatian banyak pihak karena di satu sisi Arsenal jor-joran menggaji pemain serta menambah penggawa baru dengan nilai mahar dan faji fantastis.

Mantan pemain Tottenham Hotspur, Jamie O'Hara mengkritik hal ini. Menurutnya Arsenal jangan setengah-setengah dalam melakukan efisiensi, salah satunya pemotongan gaji pemain.

"Saya mengerti banyak bisnis yang gulung tikar dan orang-orang sedang berjuang. Jadi jika anda ingin PHK seseorang agar bisnis berjalan, itu boleh-boleh saja, tetapi juga anda harus melihat gaji yang anda tawarkan kepada tim," kata Jamie dalam podcast TalkSport.

Jamie menyebut banyak pesepakbola yang masih egois memetingkan diri sendiri di era Pandemi serba sulit ini. Apalagi masih banyak pemain yang minta gajiny dinaikan sebagai ancaman agar tidak pindah ke klub lain.

Baca Juga :
halaman 2 dari 4
"Jika anda memberhentikan seseorang karena bisnis lagi sulit, tidak apa-apa. Itu keputusan yang sulit memang. Tapi anda juga harus melihat kenyataan bahwa kemudian anda menawari Aubameyang tambahan gaji 100 ribu poundsterling," ungkapnya.

Sebelumnya beredar kabar Aubameyang memang meminta kenaikan gaji dalam negosiasi kontrak barunya. Pemain asal Gabon tersebut dikabarkan siap cabut jika permintaannya tak dipenuhi.

"Ini bukan hanya tentang tim utama, ini bukan hanya tentang orang-orang di tempat latihan; ada orang yang mereka PHK bekerja di stadion dan di perhotelan, sekretaris, pelayan, koki, orang yang telah berada di sana selama 20 atau 30 tahun - mereka adalah dasar dari klub sepak bola," ujarnya.

Namun dalam rilisnya, Selain PHK Karyawan, Arsenal juga melakukan pemotongan gaji di beberapa departemen dan juga dalam tim. Pemotongan gaji ini dilakukan secara sukarela.

"Sepanjang pandemi Covid-19 kami telah bekerja keras untuk memastikan bahwa Klub Sepak Bola Arsenal muncul dalam posisi yang tegap dan kuat untuk masa depan," kata manajemen dalam pernyataan tersebut.

Baca Juga :
halaman 3 dari 4
“Sejalan dengan klub sepak bola lain dan banyak bisnis lainnya yang beroperasi di arena olahraga, rekreasi dan hiburan, kami telah terkena dampak langsung oleh Covid-19.

“Sumber pendapatan utama kami semuanya telah berkurang secara signifikan. Pendapatan dari siaran, hari pertandingan dan kegiatan komersial semuanya terpukul parah dan dampak ini akan berlanjut setidaknya hingga musim 2020-21 mendatang," lanjut pernyataan tersebut.

“Selama beberapa tahun terakhir kami secara konsisten berinvestasi dalam staf tambahan untuk membawa klub lebih maju, tetapi dengan perkiraan pengurangan pendapatan, sekarang jelas bahwa kami harus mengurangi biaya lebih jauh untuk memastikan kami beroperasi dengan cara yang berkelanjutan dan bertanggung jawab, dan untuk memungkinkan kami terus berinvestasi dalam tim.

“Tujuan kami adalah melindungi pekerjaan dan gaji pokok orang-orang kami selama mungkin. Sayangnya, kami sekarang sampai pada titik di mana kami mengusulkan 55 pemutusan hubungan kerja.”

Pemutusan Hubungan Kerja ini sudah dipertimbangkan dan diputuskan secara matang selama sebulan belakangan.

Meski begitu Arsenal menjamin klubnya akan beroperasi seperti biasa, termasuk merekrut pemain baru. Hingga saat ini Arsenal yang baru saja menjuarai piala FA, belum terlihat aktif di bursa transfer.

Selain memperpanjang kontrak beberapa nama seperti Willian hingga Philippe Coutinho menjadi nama incaran Arsenal dalam bursa transfer musim panas. halaman 4 dari 4


Top 5 Sepatu Bola Harga Terjangkau Saat Ini







Video Trending



Berita Terkait


1601417143297

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?