Ada Orang Indonesia yang Nyaris Memenangi Sayembara Logo Timnas Thailand Terbaru


  •    Kukuh Wahyudi
  •    07/08/20 - 19:30
  •    3.310

Logo timnas Thailand buatan Adiet.
Logo timnas Thailand buatan Adiet. (Dok. Adiet Firmansyah

Pada 2017, federasi sepak bola Thailand (FAT) berinisiatif mengubah logo timnas mereka yang telah digunakan sejak 2006 atau versi awalnya sejak 2002. Pembuatan logo pun tak dilakukan tertutup, tapi melewati proses sayembara.

Saat itu lebih dari 1.000 logo tercatat ambil bagian dan memimpikan menjadi yang terpilih. Hingga akhirnya sayembara memasuki tahapan berikutnya, yaitu memberlakukan sistem voting dari logo yang masuk lima besar.

Yang menjadi sepesial dalam proses tersebut adalah satu dari lima logo itu merupakan buatan orang Indonesia. Sosok tersebut adalah Adiet Firmansyah, putra kelahiran Jember, 10 September 1988.

"Latar belakang ikut sayembara logo timnas Thailand karena saya hobi sepak bola dan saya pun senang dengan bidang desain grafis khususnya desain logo," tutur Adiet kepada Bolalob.


Baca Juga :
halaman 2 dari 3
Bahkan, hebatnya lagi logo dari Adiet itu nyaris memenangkan sayembara tersebut. Logo berbentuk perisai dengan isi gabungan bendera Thailand dengan penampakan gajah dari depan tersebut bercokol di posisi kedua.

Hasil voting mencatatatkan logo Adiet berada di peringkat kedua dengan 40,2 persen suara. Sementara peringkat satu atau sang juara mendapatkan perolehan suara 42,9 persen. Artinya dua logo itu bersaing ketat.

Logo pemenang itulah yang akhirnya menjadi logo timnas Thailand kini. Tapi, sebelumnya melewati proses modifikasi lebih dulu di mana FAT bekerja sama dengan pihak lain untuk menyempurnakan logo.

Logo timnas Thailand yang baru akhirnya diperkenalkan pada akhir 2017 dan bertahan sampai saat ini.

Meski kalah dalam sayembara, Adiet mengakui keunggulan logo Thailand yang baru. Bahkan logo tersebut ia sebut sebagai logo terbaik di Asia Tenggara.

"Eksekusinya mantap. Perpaduan dari finalis-finalis yang sudah ada. Jadi tak murni pake logo yang juara pertama. Agensi sudah ada gambaran dari kelima finalisnya," ucap Adiet.

"Kemajuan untuk logo timnas di ASEAN. Mungkin salah satu logo timnas terbaik di Asia. (Logo tersebut) sudah bisa disejajarkan dengan logo-logo federasi Eropa yang keren-keren," ucapnya melanjutkan. halaman 3 dari 3
Terakhir diubah:  09/08/20 - 12:29






Video Trending



Berita Terkait


1598329201648

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?