Juventus Ikuti Tren Klub Eropa, Tunjuk Mantan Pemain Jadi Juru Latih


  •    Robert
  •    09/08/20 - 11:30
  •    1.174

Solskjaer, Pirlo dan Zidane (Istimewa)
Solskjaer, Pirlo dan Zidane (Istimewa)

Juventus telah menunjuk Andrea Pirlo sebagai pelatih kepala baru mereka dengan kontrak berdurasi dua tahun.

Mantan gelandang Italia itu mengambil alih sebagai bpelatih U-23 di klub lamanya hanya sembilan hari yang lalu, tetapi sekarang telah ditunjuk sebagai pengganti Maurizio Sarri. Meski begitu, dirinya sudah memegang lisensi kepelatihan, yakni UEFA A Licence.

Sarri dipecat pada hari Sabtu setelah Juve tersingkir dari Liga Champions karena kalah agregat gol tandang di babak 16 besar melawan Lyon.

Baca Juga :


Sempat ada juga spekulasi bos Italia Roberto Mancini bisa ditawari jabatan itu, tetapi klub malah mempromosikan Pirlo.

"Mulai hari ini dia akan menjadi pelatih Juventus, karena klub telah memutuskan untuk mempercayakannya dengan kepemimpinan teknis tim utama, setelah memilihnya untuk Juventus U-23," bunyi pernyataan.

"Pilihan hari ini didasarkan pada keyakinan bahwa Pirlo memiliki apa yang diperlukan untuk memimpin dari debutnya di bangku cadangan, seorang ahli dan skuad bertalenta untuk mengejar kesuksesan baru."

Pirlo meninggalkan Juve pada 2015 setelah Bianconeri, yang mengejar treble, dikalahkan 3-1 di final Liga Champions oleh Barcelona.

Dia menghabiskan dua tahun di MLS dengan New York City sebelum mengakhiri karir bermainnya. 

Pemenang Piala Dunia 2006 ini sukses meraih enam kali juara Serie A, menang dua kali bersama Milan dan empat bersama Juve. Dia memenangkan dua Liga Champions sebagai pemain Rossoneri, pada tahun 2003 dan 2007. halaman 2 dari 3
Penunjukan Pirlo membawa Juve mengikuti tren klub Eropa yang merekrut mantan pemain mereka untuk menjadi pelatih.

Sebut saja ada nama-nama seperti Zinedine Zidane (Real Madrid), Diego Simeone (Atletico Madrid), Simone Inzaghi (Lazio), Ole Gunnar Solskjaer (Manchester United) dan juga Frank Lampard (Chelsea).


Dari nama-nama diatas tentu Zidane menjadi salah satu yang terbaik, ia hanya berbekal pengalaman melatih Madrid Castila saat menjadi pelatih Los Blancos. Namun ia sukses meraih tiga gelar Liga Champions dan yang terbaru adalah gelar LaLiga musim ini di periode kedua di Santiago Bernabeu.

Simeone juga sukses bersama Atletico Madrid dalam 9 musim terakhir. Gelar LaLiga, Copa del Rey dan Liga Europa sukses didapatnya.

Butuh waktu bagi setiap tim untuk mempercayakan langkah mereka kepada mantan pemain. Seperti yang kita lihat pada Solskjaer di United yang diberi waktu lebih panjang dalam menerapkan gaya kepelatihannya.

Begitu juga dengan Inzaghi yang butuh empat tahun untuk bisa membawa Lazio finis di posisi empat besar Serie A. halaman 3 dari 3






Video Trending



Berita Terkait


1601364601933

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?