Berkembangnya Industri Futsal di Indonesia Dirasakan Pemain Iran Eks Vamos Mataram


  •    Rissalah Maulana
  •    12/08/20 - 06:50
  •    2.343

hamed khodaei
Bolalob

Perkembangan pesat futsal di Indonesia bukan hanya dirasakan oleh pelaku lokal seperti pemain, pelatih atau klub. Pemain asing juga merasakan dampak dari berkembangnya futsal di Indonesia.

Sejak 2015, Pro Futsal League rutin kedatangan pemain asing setelah Federasi Futsal Indonesia yang baru dibentuk pada 2014 memperbolehkan dua pemain asing di tiap klub peserta.

Salah satu pemain asing tersebut adalah Hamed Khodaei. Meski singkat, pemain Iran yang memperkuat Vamos Mataram di PFL 2020 tersebut merasakan industri futsal yang berkembang di Indonesia. Kepada futsalplanet.com, dirinya bercerita.

"Saya rasa pengalaman terbaik yang saya miliki dalam beberapa tahun terakhir adalah bersama klub Vamos Mataram di Indonesia," kata Hamed yang ditanya mengenai pengalaman terbaiknya di futsal.

"Di negara ini semuanya sudah siap untuk futsal! Pemain memiliki sponsor (sepatu, pakaian, telepon) dan permainan ini sangat populer. Semua pertandingan disiarkan langsung, banyak sekali penggemar yang menghadiri pertandingan dan mendukung tim mereka," ungkap Hamed menceritakan kekagumannya.

Baca Juga :
halaman 2 dari 3
Menurut Hamed, selain berkembang secara industri, datangnya pemain dan pelatih asing juga berdampak signifikan pada perkembangan secara teknik menaikan standar pemain di tiap tim.

"Semua klub menggunakan tempat yang didedikasikan dan dilengkapi untuk pelatihan mereka dan dengan kedatangan banyak pemain asing, standar futsal mereka mengalami peningkatan yang dramatis," ucap pemain yang pernah tampil di liga Azerbaijan bersama Marafon Futsal dan Masafi Aljanoob di Irak.

Hamed bahkan memprediksi jika makin berkembang tanpa halangan, jangan kaget jika nantinya futsal di Indonesia berbicara banyak di kancah Asia.

"Saya yakin di tahun-tahun mendatang, kita akan mendengar kabar baik dari Indonesia," pungkasnya.

Sayang Hamed tak melanjutkan kiprah bersama Vamos karena kontraknya telah habis meski PFL 2020 masih tertunda akibat pandemi virus Corona. halaman 3 dari 3


Top 5 Sepatu Futsal Terbaru Tahun 2020







Video Trending



Berita Terkait


1601384922836

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?