7 Draft Regulasi Baru Saat Liga 1 Musim 2020 Dilanjutkan


  •    Robert
  •    13/08/20 - 13:00
  •    886

Liga 1 musim 2020 (Bolalob)
Liga 1 musim 2020 (Bolalob)

Operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) bersama dengan PSSI merumuskan tujuh regulasi baru saat Liga 1 musim 2020 dilanjutkan bulan Oktober mendatang.

Situasi pandemi virus corona memaksa PSSI mengubah beberapa regulasi agar kompetisi bisa terus bergulir. Salah satunya adalah menghapus degradasi.

Selain itu untuk membantu persiapan Timnas Indonesia U-19 yang akan tampil di ajang internasional, PSSI meminta setiap klub memiliki pemain U-20.

"Harus ada di DSP [daftar susunan pemain] minimal 2 pemain U-20, tetapi tidak wajib dimainkan. Kalau sekarang kondisinya pemain sudah ada yang masuk TC [pemusatan latihan timnas U-19]. Karena ada beberapa klub yang bilang kekurangan pemain," kata direktur utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita.

"Jadi, ada klub yang pemainnya dipakai timnas dari sekarang, tapi regulasi itu belum jadi keputusan final ya. Nanti masuk ke PSSI, PSSI nanti yang harus bikin regulasi," Akhmad menambahkan.

Baca Juga :


Untuk memantabkan persiapan, nantinya PT LIB akan mengundang tim medis dari perwakilan klub kontestan untuk membicarakan protokol kesehatan.

"Misalnya ada daerah yang tadinya merah terus jadi hijau, jadi pertimbangannya di situ. Kami mulai di awal September karena Oktobernya sudah kick-off. Yang kami undang mulai dari tim medis klub, tim medis tempat adanya pertandingan, terus Dinkes di pemda-pemda kami undang juga," ucapnya.

"Karena nanti kalau ada apa-apa kan menyangkut ke situ, ke satgas masing-masing. Kita juga tidak diinginkan ada kejadian, tapi kalau ada pun kita harus simulasikan ke mana rujukannya," ia menambahkan.

Demi menekan penyebaran virus corona, Liga 1 akan dipusatkan di Pulau Jawa. Tim yang berasal dari luar Pulau Jawa akan menentukan stadion yang akan mereka pakai sebagai markas tim. halaman 2 dari 3
7 aturan baru yang diusulkan PT LIB ke PSSI:

1. Penghapusan degradasi Liga 1 di akhir musim 2020.

2. Penambahan pergantian pemain menjadi 5 pemain (sesuai amandemen laws of the game 2019/2020).

3. Periode Pendaftaran Pemain Tahap 2 tetap dibuka, namun tidak boleh melakukan Transfer pemain antarklub Liga 1. Pendaftaran masih diperbolehkan sepanjang pemain dari luar klub Liga 1.

4. Kewajiban memasukkan minimal 2 pemain U-20 dalam 18 nama di Daftar Susunan Pemain.

5. Penerapan protokol kesehatan.

6. Penyesuaian standar kelayakan venue pertandingan.

7. Klub wajib melepas pemain yang mendapat panggilan timnas Indonesia.
halaman 3 dari 3






Video Trending



Berita Terkait


1601391602855

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?