Pukul Bola ke Arah Hakim Garis, Novak Djokovic Didiskualifikasi dari US Open


  •    Rissalah Maulana
  •    07/09/20 - 09:10
  •    987

novak djokovic
foto: us open

Kejadian aneh berbuntut buruk terjadi pada babak keempat kejuaraan Grand Slam US Open kala petenis nomor satu dunia, Novak Djokovic, menghadapi Pablo Carreno Busta, Minggu (6/9) waktu setempat.

Laga baru memasuki set pertama, Djokovic yang menjadi unggulan nomor satu di ajang ini tampak kewalahan meladeni lawannya petenis asal Spanyol tersebut. Selain lawan, beberapa kali dia memegangi bagian bahu sambil mengerang kesakitan yang membuatnya frustasi.

Bola hasil pukulan Carreno tak mampu dikembalikan Djokovic dengan baik hingga menyudahi set pertama dengan skor 6-5 untuk keunggulan lawannya tersebut.

Baca Juga :


Setelah hasil itu, Djokovic sambil menuju ke bangkunya untuk beristirahat terlihat membuang bola yang berada dalam saku celananya ke luar lapangan. Hal yang biasa dilakukan petenis profesional. Sayangnya bola yang dipukul ke arah belakangnya mengenai leher hakim garis wanita. Dia tampak kesakitan hingga akhirnya menunduk sambil memegangi leher.

Djokovic yang tak punya niat melukai hakim garis refleks langsung menghampiri untuk melihat keadaan.

Meski hakim garis tak terlihat cedera parah dan hanya sedikit terkejut, rupanya kasus ini berbuntut panjang. Wasit turnamen Soeren Friemel dan wasit pertandingan Aurelie Tourte serta Supervisor Andreas Egli memutuskan untuk mendiskualifikasinya dari turnamen. halaman 2 dari 4
Terlihat tak puas dan kecewa, bahkan pria asal Serbia itu tak menghadiri konferensi pers yang membuatnya terancam denda.

Diskualifikasi ini juga membuatnya gagal mempertahankan gelar di ajang yang sama yang diraihnya selama dua musim berturut-turut sebelumnya. 17 gelar Grand Slam-nya juga praktis tak bertambah dengan kejadian memalukan ini.

Sang petenis sendiri sudah mengumumkan permintaan maafnya di sosial media.

"Seluruh situasi ini membuatku sangat sedih dan hampa," tulisnya.

Baca Juga :



halaman 3 dari 4
"Saya sangat menyesal telah membuatnya stres seperti itu. Sangat tidak disengaja. Sangat salah. Saya tidak mengungkapkan namanya untuk menghormati privasinya.

"Mengenai diskualifikasi, saya harus kembali ke dalam dan mengatasi kekecewaan saya dan mengubah ini semua menjadi pelajaran untuk pertumbuhan dan evolusi saya sebagai pemain dan manusia. Saya minta maaf kepada turnamen @usopen dan semua orang yang terkait atas perilaku saya. Saya sangat berterima kasih kepada tim dan keluarga saya karena telah menjadi pendukung terhebat saya, dan penggemar saya karena selalu ada bersama saya. Terima kasih dan maafkan saya," ungkapnya.

Hal seperti ini bukan pertama kalinya terjadi di tenis. Pasangan ganda Tin Henman dan Jeremy Bates didiskualifikasi di Wimbledon pada tahun 1995 karena alasan yang sama ketika dia memukul bola dan mengenai telinga seorang pemungut bola.

Sementara di laga Grand Slam terbuka, kejadian Djokovic menjadi yang pertama kalinya unggulan nomor satu turnamen didiskualifikasi.

Peristiwa ini terekam video di bawah ini mulai menit 7:22



halaman 4 dari 4


Level Up Eps 1 with Renan Silva and Jaino Matos







Video Trending



Berita Terkait


1599026030090

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?