Tanpa Persib Bandung dan Bali United, Ini Alasan IFeL 2020 Hanya Diikuti 10 Tim Liga 1


  •    Rizqi Ariandi
  •    07/09/20 - 15:10
  •    2.390

Ketua IFeL 2020, Putra Sutopo saat memberikan keterangan kepada awak media di Gamers Paradise, Jakarta, Senin (7/9/2020).
Ketua IFeL 2020, Putra Sutopo saat memberikan keterangan kepada awak media di Gamers Paradise, Jakarta, Senin (7/9/2020). (Sumber foto:Rizqi Ariandi/Bolalob)

Sebanyak 10 tim Liga 1 dipastikan ambil bagian dalam kompetisi e-Football pertama di Tanah Air, yakni Indonesian Football e-League (IFeL) 2020 yang akan berlangsung di Gamers Paradise, Jakarta, pada 12 September-15 November 2020. Kompetisi akan diramaikan tim-tim besar seperti Persija Jakarta, Arema FC, serta PSM Makassar.

Dalam turnamen yang memilih gim PES (Pro Evolution Soccer) ini, 10 tim yang berlaga akan diperkuat oleh pemain pro yang sebelumnya tampil di kompetisi di Thailand. Namun, sejatinya, turnamen ini tadinya akan diikuti 12 tim.

Hanya saja, dua klub memilih mundur. Kedua klub tersebut adalah Tira Persikabo dan Persebaya Surabaya.

Baca Juga :


"Ada 12 klub seharusnya yang mendaftar. Tapi di sisa waktu, dua klub memilih mundur. Kedua klub itu adalah Persebaya dan (Tira) Persikabo. Mereka batal ikut serta karena faktor administrasi," kata Ketua IFeL 2020, Putra Sutopo di Gamers Paradise, Jakarta.

"Seperti yang diketahui, ini cukup mendadak, jadi klubnya mungkin terhambat administrasi, jadi mereka belum menandatangani SPK sehingga terpaksa mungkin mereka akan ikut di season berikutnya," tutur Putra menambahkan.

Selain Persebaya dan Persikabo, dua tim besar Liga 1 lainnya, Persib Bandung dan Bali United juga tidak berpartisipasi. Terkait itu, Putra punya jawabannya.

Baca Juga :


"Kalau Bali United itu kami sempat ajak juga dan mereka memberikan respons positif. Mereka bilang mau ikut, cuma mungkin karena satu dan lain hal mereka tidak bisa berpartisipasi," ujar Putra.

"Untuk Persib, kami sempat menjalin komunikasi dengan Pak Teddy (Direktur Persib). Namun, karena kami belum bekerja sama dengan PSSI, jadi ada beberapa klub yang ragu. Beliau menunggu surat rekomendasi dari PSSI terkait turnamen ini," tutur pria berkacamata itu menambahkan.


halaman 2 dari 4
Dukungan untuk IFeL 2020 juga datang dari federasi E-Sports Indonesia, IESPA. Ketua Harian IESPA, Ibnu Riza berharap dengan digulirkannya IFeL 2020 maka akan membuat perkembangan dunia e-Sports di Indonesia semakin baik.

Selain itu, Ibnu berharap dari IFeL akan lahir pemain-pemain baru yang nantinya bisa mengikuti jejak para pemain pro. Dari sana, diharapkan juga muncul pemain berkualitas yang bisa mewakili Indonesia di ajang internasional.

Baca Juga :


"Ini salah satu turnamen dari stakeholder e-Sport di Indonesia. Bibit-bibit pro player e-Sport saat ini sangat berkembang. Memang di e-Football ini belum banyak seperti mobile legend, namun kami sudah komunikasi dengan PSSI terkait hal ini. Saat SEA Games, Indonesia bisa dapat medali perak. Mungkin setelah adanya IFeL ini, Indonesia bisa dapat emas di ajang internasional," tutur Ibnu.

halaman 3 dari 4
10 pro player di IFeL 2020 Selengkapnya  
10 daftar pro player di IFeL 2020:

Rizal Danyarta - Persija Jakarta

Ferry Purnama Gumilang - Arema FC

Indra 'Tajusa' - PSM Makassar

Elul Wibowo - Persita Tangerang

Rizky Faidan - PS Sleman

Rommy HW - Barito Putera

Elga Cahya Putra - Madura United

Lucky Maarif - Persik Kediri

Adhie - Borneo FC

Setia Widianto - PSIS Semarang halaman 4 dari 4






Video Trending



Berita Terkait


1603150201757

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?