Cerita Alfred Riedl Jadi 'Raja' di Vietnam dan Indonesia


  •    Robert
  •    08/09/20 - 19:34
  •    1.068

Alfred Riedl saat menjadi pelatih Timnas Indonesia (Bolalob)
Alfred Riedl saat menjadi pelatih Timnas Indonesia (Bolalob)

Petualangan Alfred Riedl di Asia Tenggara dimulai pada 1998 setelah menerima tawaran dari Vietnam. Bersama Vietnam, Ia langsung membawa negara itu lolos ke final Piala Asia, namun mereka dikalahkan oleh Singapura.

Pada gelaran Piala AFF selanjutnya yaitu Piala AFF 2000, Riedl bersama Vietnam kembali gagal menjadi juara dan hanya finis di peringkat keempat setelah disingkirkan oleh Indonesia di babak semi final dan kalah dari Malaysia di babak perebutan juara ketiga.

Setelah sempat istirahat beberapa tahun, Riedl kembali dipanggil oleh federasi sepakbola Vietnam untuk melatih timnas mereka pada tahun 2003. Tetapi kebersamaan kedua Riedl bersama Vietnam ini tidak berjalan mulus, ia hanya dipercaya melatih selama satu tahun saja.

Baca Juga :


Tetapi hubungan Vietnam dengan Riedl masih belum selesai dan ia kembali ditunjuk sebagai pelatih pada tahun 2005. Pada periode ketiga masa ia membawa Vietnam lolos ke babak perempat final Piala Asia 2007 untuk pertama kalinya dalam sejarah sepakbola negara itu.

Selain itu ia juga berhasil membawa Vietnam lolos ke babak semi final Piala AFF 2007. halaman 2 dari 3
Setelah melatih Vietnam, Riedl sempat melatih negara  Asia Tenggara lainnya yaitu Laos. Tetapi selama menjadi pelatih di Laos dalam periode 2009-2010 ia tidak pernah tampil di Piala AFF.

“Kalau saya ke Vietnam hari ini, orang-orang masih akan mengenali saya. Mereka berteriak setelah kamu, sama halnya di Indonesia, kamu tidak bisa keluar di jalanan seperti biasa,” kata Riedl.

Baca Juga :


Sejak hengkang sebagai pelatih timnas Indonesia pada 2016, Riedl sudah tidak bekerja sebagai pelatih.

"Saya bukan orang ambisius yang mengatakan dia masih ingin duduk di bangku cadangan pada usia 75 tahun. Saya juga tidak akan menikmatinya sama sekali. Saya lebih suka bermain golf ketika saya baik-baik saja dan menikmati hidup selama saya bisa pergi," kata Riedl Maret lalu dan juga mengakui bahwa kesehatannya tidak begitu baik.

Alfred punya sejarah sakit jantung akut, pada bulan April 2019 lalu dirinya sempat menjalani operasi. Hal tersebut membuatnya gagal melatih Persebaya Surabaya pada putaran kedua Liga 1 2019. Sebelumnya pada 2007 ia sempat menjalani operasi gagal ginjal. halaman 3 dari 3
Terakhir diubah:  08/09/20 - 19:34






Video Trending



Berita Terkait


1603104440221

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?