Bakar Uang Pemilik Klub Liga Premier Inggris: Abramovich Paling Royal, Glazers Buat MU Merana


  •    Robert
  •    14/09/20 - 21:00
  •    10.103

Roman Abramovich - Chelsea (Istimewa)
Roman Abramovich - Chelsea (Istimewa)

Liga Premier Inggris memang menjadi kompetisi paling bergengsi di dunia dengan perputaran uang yang sangat besar.

Tak heran banyak pemain bintang memutuskan untuk menerima tawaran klub Liga Premier, sebut saja yang baru datang musim ini ada Timo Werner dan Hakim Ziyech yang bermain untuk Chelsea. Lalu ada James Rordiguez di Everton dan juga Donny van de Beek yang ke Manchester United.

Baca Juga :


Pemasukan terbesar klub Inggris datang dari hak siar tentu saja, selain itu ada beberapa sektor yang bisa menaikan pundi-pundi klub. Sebut saja tiket pertandingan, sponsor, hadiah kompetisi dan juga merchandise.

Namun semua itu tak cukup jika sebuah klub memiliki ambisi besar untuk bisa berprestasi. Untuk itu pemilik klub pun mulai memberikan suntikan dana tambahan baik dari kantong pribadi maupun meminjamnya di bank.

Seperti yang diungkapkan oleh akun Twitter Swiss Ramble, dalam lima tahun terakhir, 20 klub Liga Premier telah memperoleh keuntungan dari pembiayaan bersih 1,9 miliar poundsterling, dengan sebagian besar uang datang dari pemiliknya 1,569 miliar pounds (81%) dan 366 juta pounds (19%) lainnya bersumber dari bank.

halaman 2 dari 3
Tottenham harus meminjam lebih dari 500 juta pounds dari pihak bank untuk membangun stadion dan fasilitas mewah mereka. Wajar mereka berada di ruutan teratas soal investasi pemilik kepada klub.

Berbeda dengan Chelsea, dimana sang pemilik Roman Abramovic sudah menggelontorkan dana mencapai 440 juta pounds kepada klub dalam lima tahun terakhir dari kantong pribadinya sendiri. Hal itu memang terlihat dari belanja mewah The Blues saat dimiliki oleh Abramovich.

Banyak nama-nama besar dari manajer hingga pemain sukses berlabuh di Stamford Bridge.

Disusul oleh Everton yang dimiliki oleh Farhad Moshiri, sejak ia mengambil alih klub pada tahun 2016 dirinya sudah mengeluarkan dana investasi sebesar 299 juta poundsterling.

Berbeda dengan klub tajir seperti Manchester United yang justru membayar deviden kepada sang pemilik keluarga Glazers sebanyak 89 juta pounds. Selain itu United juga harus membayar bunga bank sebesar 120 juta pounds dari peminjaman Glazers saat membeli klub.

halaman 3 dari 3
Terakhir diubah:  17/09/20 - 07:29






Video Trending



Berita Terkait


1600747201859

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?