Pelatih Bali United Anggap Sepak Bola Indonesia Terus Berkembang Sejak Tahun 2003


  •    I Ngurah Made Wirya Darma
  •    17/09/20 - 16:00
  •    11.650

Stefano "Teco" Cugurra
Stefano "Teco" Cugurra (BOLALOB)

Sosok Stefano "Teco" Cugurra memang sudah tidak asing lagi di kancah sepak bola Indonesia. Walaupun berasal dari Brazil, namun pria yang saat ini menjadi pelatih kepala Bali United itu sudah mengenal Indonesia sejak tahun 2003.

Ketika itu ia ditunjuk sebagai pelatih fisik Persebaya Surabaya dimana ketika itu tim Bajul Ijo dipimpin Jackson Tiago. Selain itu Teco juga beristrikan orang Indonesia yang membuatnya semakin fasih berbahasa Indonesia.

Cukup tahu bagaimana situasi sepak bola di negeri ini, Teco pun menganggap bila sepak bola Indonesia sudah mengalami banyak perkembangan sejak tahun 2003 lalu. Perkembangan yang ia maksud meliputi berbagai aspek, seperti teknis di lapangan serta pengelolaan manajemen klub.

Baca Juga :


"Yang saya ingat tahun 2003-2004 hampir semua tim di Indonesia pakai sistem yang sama yaitu tiga pemain belakang dengan formasi 3-5-2. Di tahun 2020, hampir semua tim pakai empat pemain belakang dengan formasi yang lebih variatif seperti 4-4-2, 4-3-3, atau 4-2-3-1," kata Teco.

"Selain itu, dulu permainan juga lebih keras. Banyak pelanggaran keras yang seharusnya dapat kartu merah, tapi masih ada toleransi dari wasit. Sekarang tentu sudah lebih baik," imbuhnya.

"Dari pengelolaan klub juga sudah berkembang dimana dulu klub-klub menggunakan dana dari pemerintah daerah (APBD). Tapi sekarang klub-klub sudah lebih profesional dengan mencari sponsor sendiri," tutup pelatih yang membawa Persija dan Bali United menjuarai Liga 1 dua tahun berturut-turut.

Teco bersama Bali United dijadwalkan akan menjalani laga lanjutan Liga 1 2020 dengan menghadapi Persikabo pada hari Minggu (4/10) mendatang di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta. halaman 2 dari 2






Video Trending



Berita Terkait


1603152002175

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?