Media Asing Soroti Futsal Indonesia yang Potensial, Bersanding dengan Thailand Hingga Prancis


  •    Rissalah Maulana
  •    26/09/20 - 19:05
  •    16.814

timnas futsal indonesia
Bolalob

Baru-baru ini media futsal asal Kroasia, Futsalfeed, merilis artikel dengan judul 'enam negara futsal berkembang teratas' yang mengulas bagaimana olahraga ini berproses dan berkembang pesat.

Dari enam negara tersebut, terdapat nama Indonesia yang disebut punya potensi untuk mengembangkan futsal menjadi lebih baik lagi.

"Diharapkan oleh komunitas futsal yang lebih luas bahwa keenam negara ini memiliki potensi besar untuk bersinar di panggung besar dalam 10 tahun ke depan. Itu adalah tujuan kami untuk memasukkan seluruh dunia dalam proyeksi ini," tulis Futsalfeed dalam kalimat pembukanya.

Baca Juga :


Dalam ulasan mengenai Indonesia, penulis menyebut Indonesia 'Memiliki Momentum Besar' untuk dapat mengembangkan futsalnya.

Selain itu, Futsalfeed juga memakai pendapat dari salah satu tokoh futsal Asia asal Amerika Serikat berpaspor Jepang, Steve Harris. Steve sudah 40 tahun berkecimpung di futsal dan juga menjadi salah satu pendiri Asosiasi Futsal Jepang.

“Indonesia memiliki populasi yang sangat besar dan dukungan publik yang kuat untuk futsal. Saya akan sangat terkejut jika mereka tidak diwakili di Piala Dunia selama delapan tahun ke depan. ” kata Steve Harris.
halaman 2 dari 4
Selain itu, Futsalfeed juga menyebut perkembangan futsal di Indonesia tak lepas dari banyaknya media yang menyoroti arena-arena futsal yang terisi penuh di pertandingan baik liga maupun timnas futsal.

Pada alinea kedua, futsal Indonesia juga masih disorot karena menjadi olahraga yang belum mandiri serta masih berada di bawah bayang-bayang sepakbola.

Profesionalisme liga dan klub juga jadi perhatian untuk meningkatkan status tersebut.

Baca Juga :


"Liga dan klub masih bergantung pada 'bos' lokal yang datang dan pergi sesuka mereka, sering meninggalkan klub dengan masa depan yang tidak terjamin. Salah satu contoh yang menggambarkan keadaan futsal di negara tersebut adalah kebanyakan klub biasanya menunjuk pelatih sebagai pemberhentian terakhir mereka dalam proses pembentukan tim," tulis Futsalfeed.

Hal ini bisa dipahami karena banyak klub yang memilih jalan instan untuk membentuk tim, daripada melakukan pembinaan pemain.

Pandemi Corona juga membuat agenda futsal di Indonesia terhenti. Meski begitu, tak sedikit pemain futsal dan pegiat lainnya yang melakukan aksi kemanusiaan. Ini juga disorot sebagai salah satu aksi bagus untuk memperkenalkan futsal.
halaman 3 dari 4
Selain itu, kurangnya kiprah dan prestasi timnas Indonesia di agenda futsal Internasional juga menjadi masalah. Jika mendulang prestasi, bukan tak mungkin futsal bakal makin ngetrend di tanah air.

“Indonesia, meskipun masih dianggap sebagai pendatang baru, telah menunjukkan momentum besar yang tidak terduga.” ujar Steve Harris.

Selain Indonesia, di artikel ini lima negara dengan futsal yang berkembang lainnya ialah Amerika Serikat, Thailand, Jerman, Prancis dan Maroko. halaman 4 dari 4


Top 5 Sepatu Futsal Terbaru Tahun 2020







Video Trending



Berita Terkait


1602760405038

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?