Liga Negara Tetangga Sudah Dilanjutkan Bahkan Selesai, Bagaimana dengan Liga 1 Indonesia?


  •    Robert
  •    14/10/20 - 15:00
  •    4.830

Pertandingan Liga 1 (Liga Indonesia)
Pertandingan Liga 1 (Liga Indonesia)

Masa depan kelanjutan Liga 1 2020 masih mengambang, walau PSSI dan klub kontestan berkomitmen ingin melanjutkan kompetisi pada bulan November mendatang.

Piala Dunia U-20 2021 dimana Indonesia akan menjadi tuan rumah membuat PSSI merasa perlu menggelar Liga 1.

Baca Juga :


Seharusnya Liga 1 dilanjutkan pada 1 Oktober lalu, usai terhenti hampir tujuh bulan lamanya karena pandemi virus corona. Namun tak adanya izin keamanan dari Kepolisian membuat PSSI dan PT LIB menunda kembali Liga 1 dan juga Liga 2.

Kepolisian juga belum menjamin akan memberikan izin keramaian bulan depan di tengah situasi pandemi yang belum membaik di tanah air dan juga akan adanya pemilihan kepala daerah (pilkada) di sejumlah daerah.

Walau hanya dipusatkan di pulau Jawa dan tanpa kehadiran penonton, tetap saja izin keamanan itu diperlukan.

Sementara turnamen regional seperti Piala AFF dan juga ASEAN Football Club Championship harus ditunda hingga tahun depan. halaman 2 dari 4
Berbeda dengan Negara Tetangga

Situasi di Indonesia berbanding terbalik dengan sejumlah negara ASEAN, yang sudah melanjutkan kompetisi sepak bola mereka bahkan sudah selesai.



Seperti Malaysia, yang harus memangkas satu putaran Liga Super Malaysia, dimana Johor Darul Takzim keluar sebagai juara musim ini dengan tak terkalahkan.

Baca Juga :


Liga Super Malaysia memulai kembali pada pertengahan bulan Agustus lalu. Namun beberapa turnamen seperti Piala FA Malaysia dan juga Piala Presiden harus dibatalkan. Malaysia Cup pun terancam dibatalkan menyusul adanya sejumlah kasus positif COVID-19 di Sabah.

JDT sendiri harus berfokus untuk menyelesaikan jadwal mereka di LIga Champions Asia, yang akan dimainkan di Qatar bulan depan.

Sementara di Vietnam, liga mereka atau V-League 1 menjadi yang pertama untuk melanjutkan musim yaitu pada bulan Juni lalu bahkan dengan kehadiran penonton ke stadion. Di dua pekan pertama pertandingan dimainkan tanpa penonton.

Namun pada bulan Juli lalu V-League 1 harus terhenti selama dua bulan karena meningkatkan kasus positif virus corona di Vietnam.

Baru pada akhir bulan September liga dilanjutkan, dimana format liga pun berubah. Setelah satu putaran, peringkat 1-8 akan memainkan babak championship, sementara tim ke-9 hingga 14 akan memainkan babak degradasi. halaman 3 dari 4
Thailand Ubah Kalender Liga

Thailand memutuskan untuk mengubah kalender liga mereka layaknya seperti di Eropa, dimana musim ini akan berakhir pada tahun depan.

Pada tanggal 1 Maret, semua pertandingan Liga Thailand 1 antara tanggal 7 dan 31 Maret akan dimainkan secara tertutup. Namun, pada 4 Maret, keputusan diubah untuk menunda semua pertandingan sebelum 18 April karena pandemi virus Corona di Thailand.



Pada April 2020, Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) mengumumkan bahwa musim akan dimulai kembali pada September 2020 dan berakhir pada Mei 2021, dengan empat tim teratas setelah paruh pertama musim lolos ke Liga Champions AFC 2021.

Penonton pun mulai diperbolehkan menonton ke stadion dengan jumlah yang dibatasi.

Baca Juga :


Singapura baru akan melanjutkan liga mereka pada akhir pekan ini (17/10). Menjelang restart, total 223 pemain dan ofisial pertandingan SPL memberikan hasil negatif saat dites virus. Tes ini sekarang akan dilakukan setiap dua minggu untuk kelompok personel yang sama.

Namun, pertandingan yang tersisa dijadwalkan untuk dimainkan secara tertutup dengan hanya personel penting pada hari pertandingan, termasuk staf medis, yang diizinkan untuk hadir.

Banyak faktor krusial yang dihadapi oleh Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara tetangga dalam menggelar sebuah pertandingan sepak bola. halaman 4 dari 4








Video Trending



Berita Terkait


1627902002656

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?