Cerita Rahmad Darmawan Kesulitan Jaga Mental Pemain Ketika Liga Tidak Pasti


  •    Rizka Perdana Putra
  •    18/10/20 - 07:00
  •    325

Pelatih Madura United Rahmad Darmawan
Pelatih Madura United Rahmad Darmawan (liga-indonesia.id)

Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan mengaku kesulitan menjaga mental pemain di tengah ketidakpastian kompetisi. Kualitas latihan pun terus menurun dalam beberapa hari terakhir.

Menurut RD -sapaan akrab Rahmad Darmawan- para pemain Madura United sangat antusias ketika mengetahui kompetisi bakal dimulai kembali. Pemain bisa kembali beraktivitas setelah rehat sekitar 5 bulan lamanya.

“Ketika mendengar liga bakal digulirkan kembali kami semua sangat gembira. Bahkan, sampai gembiranya, kami tidak mempermasalahkan ketika harus melakukan renegosiasi kontrak,” kata RD dalam webinar yang diadakan kumpulan wartawan Jogja, Sabtu (17/10/20).

“Karena bukan semata sisi finansial yang kami pikirkan, tapi kita tahu ini passion kami, profesi kami di sepak bola,” imbuhnya.

Baca Juga :


RD lantas menyiapkan program latihan supaya pemain mencapai performa puncak di bulan Oktober. Serangkaian latihan dan uji coba terus dilakukan Madura United. Sayang, segala rencana harus kandas karena liga kembali ditunda.

“Sekitar satu setengah bulan yang lalu kami ingin mengatur supaya di bulan Oktober pemain mencapai puncak performa. Tapi, tiba-tiba harus ada pembatalan kembali.” halaman 2 dari 3
Sebenarnya, RD merasa tidak masalah untuk melakukan penyesuaian program latihan. Yang justru jadi masalah adalah menjaga mental bertanding para pemain. Selama satu pekan terakhir ia melihat kualitas latihan pemain terus menurun.

“Sisi teknis mungkin bisa kami modifikasi, karena sebuah program pasti menyesuaikan dengan kondisi yang terjadi.”

“Tapi yang tidak mudah adalah menjaga mental pemain untuk selalu on fire. Ini saya rasakan betul, latihan sebelum dan sesudah penundaan kualitasnya sangat berbeda. Walaupun kami coba motivasi mereka dengan melakukan variasi latihan, tapi terlihat sekali kualitasnya menurun,” beber RD.

Kini, Madura United masih terus menunggu kejelasan dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Apakah akan menggelar kompetisi di bulan November, Desember atau Januari. Sambil menunggu, Madura United tetap terus menjalani latihan. halaman 3 dari 3






Video Trending



Berita Terkait


1603764002651

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?