Jokowi Pasrah Opening Ceremony Piala Dunia U-20 2021 Bakal Minim Aksi


  •    Kukuh Wahyudi
  •    20/10/20 - 15:10
  •    953

Joko Widodo, Presiden Indonesia.
Joko Widodo, Presiden Indonesia. (CNN Indonesia)

Pembukaan atau opening ceremony Asian Games 2018 di Indonesia sukses mencari perhatian dunia. Bahkan kesuksesan pembukaan itu disebut-sebut sebagai kunci dari besarnya euforia ajang multicabang empat tahunan se-Asia tersebut.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, ingin saat Indonesia mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah ajang internasional lagi pada tahun depan, Piala Dunia U-20 2021, opening ceremony yang dibuat bisa semegah Asian Games 2018.

Namun, ternyata kondisinya tidak memungkinkan. Ada batasan-batasan yang diberikan FIFA dalam momen pembukaan Piala Dunia U-20. Hal itu disampaikan Menpora setelah menggelar rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo secara virtual.

Baca Juga :


"Opening ceremony untuk Piala Dunia FIFA U-20 tentu berbeda dengan penyelenggaran Asian Games. Dari FIFA, pembukaan itu dimaknai dengan pertandingan hari pertama. Maka untuk memulai kami diberikan alokasi waktu terbatas, mungkin kata sambutan dari pemerintah dan FIFA saja. Paling lama sekitar delapan menit," tutur Menpora dalam konferensi pers virtual (20/10/2020).

"Memang kebiasaan untuk Piala Dunia U-20 seperti itu. Akhrinya Bapak Presiden (Joko Widodo) memutuskan 'Kalau begitu kita ikuti saja arahan dari FIFA," ucapya lagi sambil mengulang perkataan Presiden sata rapat sebelumnya. 

"Tadi saya sudah sampaikan jika pertandingan mulai pukul 19.00 WIB, mungkin acaranya bisa dimulai pukul 16.00 WIB. Tapi, yang mengkhawatirkan adalah rumput meski sudah memakai alas sepeti di Asian Games. 'Ya sudah jika sepeti itu kita isi dengan kata sambutan. Tak ada aksi-aksi', begitu kata Bapak Presiden," ujar Menpora yang juga berstatus Ketua INAFOC (panitia penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021) itu. halaman 2 dari 2





Video Trending



Berita Terkait


1618719002476

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?