Kepada Media Australia, Aryn Williams Bicara Tantangan dan Peluang Pemain Asing di Indonesia


  •    Rizka Perdana Putra
  •    25/10/20 - 09:00
  •    2.663

Gelandang Persebaya Aryn Williams
Gelandang Persebaya Aryn Williams (Rizka Putra/Bolalob)

Gelandang Persebaya Surabaya Aryn Williams membeberkan sejumlah tantangan dan peluang bagi pemain asing yang ingin tampil di Liga Indonesia.

Aryn memulai karir di Indonesia sejak bulan Agustus 2019. Meski kompetisi musim ini sudah berhenti 7 bulan akibat pandemi, Aryn eks pemain Neroca FC India itu mendapatkan sejumlah pengalaman. 

“Banyak pengorbanan disini,” kata Aryn kepada media Australia, The World Games. “Suporter membelanjakan sebanyak apapun uang yang mereka punya untuk sepak bola, sehingga tekanannya luar biasa (bagi pemain asing).”

Baca Juga :


“Banyak pemain ingin datang kesini, tapi pemain asing bisa dengan mudah diganti dan itu (fenomena pemecatan pemain asing) terjadi tiap paruh musim.”

“Jika kamu tidak dapat menampilkan performa bagus, mereka akan menggantimu. Kamu harus menang dan disini (Indonesia) lebih kompetitif daripada Australia,” beber pemain 26 tahun itu.

halaman 2 dari 3
Selain tantangan, Aryn juga mengungkapkan peluang yang bisa didapat pemain asing di Indonesia. Jika mampu menunjukkan performa apik, Liga Indonesia bisa jadi batu loncatan bagi pemain asing.

Baca Juga :


“Biasanya, pemain Brasil datang kesini dengan gaji rendah untuk satu musim. Mereka kemudian membuktikan diri dan pindah untuk mendapat gaji tiga kali lipat lebih tinggi. 

“Kebanyakan pemain Australia tidak akan melakukan itu dan mereka akan meminta gaji sebesar 15 ribu dollar tiap bulan.”

“Pemain Australia cukup baik secara teknis, tapi beberapa dari mereka akan merasa sulit karena disini tidak sempurna seperti A-League, seperti ketersediaan fasilitas dan sport science. 

“Mungkin pemain butuh waktu untuk menyesuaikan diri, tapi jika kamu (pemain asing) berhasil melalui hasilnya akan terasa sangat bermanfaat.” halaman 3 dari 3






Video Trending



Berita Terkait


1605864602116

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?