Pengamat Optimistis Luqman Hakim Bisa Jadi Pemain Malaysia Pertama di Liga Inggris


  •    Kukuh Wahyudi
  •    26/10/20 - 17:30
  •    4.323

Luqman Hakim Shamsudin (merah) ketika KV Kortrijk berhadapan dengan Anderlecht (Berita Harian)
Luqman Hakim Shamsudin (merah) ketika KV Kortrijk berhadapan dengan Anderlecht (Berita Harian)

Bintang muda Malaysia, Luqman Hakim Shamsudin, menapaki bab baru dalam karier sepak bolanya di Eropa. Pemain Malaysia U-19 itu menjalani laga debutnya bersama tim utama KV Kortrijk (Belgia) pada Jumat (23/10/20) malam (Sabtu pagi WIB).

Ia kini menjadi pemain pertama Malaysia yang tampil di kasta teratas Liga Belgia, Jupiler Pro League. Sebelumnya sejak bergabung pada awal Agustus 2020, Luqman masih mengorbit di tim junior Kortrijk.

Di laga debutnya tersebut, Luqman masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-74. Ia menggantikan Petar Golubovic ketika timnya tengah tertinggal 0-3 dari Anderlecht.

Bagi pengamat sepak bola Malaysia yang berlabel mantan manajer Selangor, Zakaria Rahim, momen Luqman tampil di tim utama Kortrijk bakal membuka akses ke banyak hal. Menurutnya, Luqman mendekati syarat utama untuk mendapatkan visa kerja 'Tier 2' atau 'Tier 5' Inggris Raya (Inggris).

"Untuk bermain di liga profesional mana pun di Inggris bagi pemain Malaysia, dia setidaknya harus bermain di liga utama mana pun di UE (Uni Eropa)," tutur Zakaria seperti dikutip dari Berita Harian.

Baca Juga :
halaman 2 dari 3
Menurut aturan Bosman yang diterapkan selama 20 tahun terakhir, setiap pemain di UE bebas untuk ditawari pekerjaan (kontrak pemain profesional) di negara UE mana pun.

"Tetapi bagi mereka yang tidak bermain di negara UE mana pun, penting untuk mewakili negara mereka di level tertinggi yang setidaknya tim nasional mereka berada di peringkat grup 50 teratas di dunia dan memiliki persentase poin yang cukup sebagai pemain negara," tuturnya lagi.

Mengacu pada fakta itu, Luqman sekarang secara teknis selangkah lebih maju untuk mendapatkan izin kerja dan bermain di bawah kategori 'visa olahragawan' Tier 2 atau 'Pekerja Sementara' Tingkat 5 - visa Kreatif atau Olahraga,"kata Zakaria melanjutkan.

Menurut Zakaria, meski Luqman memiliki kontrak lima tahun dengan klubnya di Belgia, jika ada tawaran dari klub mana pun di Inggris atau liga lain di UEFA, klubnya akan bersedia menjual kontraknya ke klub yang tertarik.

"Kortrijk mengambil tindakan bijak karena Luqman masih muda. Jadi, Luqman harus memanfaatkan sepenuhnya peluang yang saat ini terbuka lebar untuk memasang target menjadi orang Malaysia pertama yang bermain di EPL," ucapnya.






Video Trending



Berita Terkait


1606741202499

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?