TC Timnas U19 Selesai, Uston Nawawi Menilai Rizky Ridho Berkembang Pesat


  •    Rizka Perdana Putra
  •    28/10/20 - 20:00
  •    1.596

Rizky Ridho Ramadhani (tengah)
Rizky Ridho Ramadhani (tengah) (Bolalob/Kukuh Wahyudi)

Pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U19 di Kroasia yang dimulai sejak akhir Agustus telah berakhir Jumat (23/10/20) pekan lalu. Asisten pelatih Persebaya Uston Nawawi menilai Rizky Ridho mengalami perkembangan pesat selama dua bulan terakhir.

Ridho menjadi pilihan utama pelatih kepala Shin Tae-yong di lini belakang Timnas U19. Awalnya, ia diduetkan dengan Komang Teguh Trisnanda di posisi bek tengah. Belakangan, ketika pemain keturunan Inggris Elkan Baggott tiba, posisi Ridho pun tidak tergeser.

“Kalau saya melihat perkembangannya tambah pesat. Apalagi lawan-lawan disana cukup bagus,” kata Uston kepada Bolalob, Rabu (28/10/20). “Semuanya [berkembang] baik secara teknik, taktik, fisik dan mentalnya, semua,” tambah eks pelatih Ridho di Persebaya U20 itu. 

Baca Juga :


Uston menilai, selama dua bulan menjalani latihan keras, seluruh pemain Timnas U19 mampu menunjukkan peningkatan kondisi fisik. Selain itu, secara khusus, Ridho juga mampu mengembangkan salah satu keunggulan yang dimiliki, yaitu ketenangan dalam bermain.

“Paling tidak dia lebih tenang, tambah dewasa, tidak gampang panik,” kata Uston. “Apalagi fisiknya, coach Shin kan terkenal dengan itu [program latihan fisik khusus],” beber Uston.

“Waktu pertama kali disini kan [Shin Tae-yong] sudah tahu kondisi fisik pemain kita, kalau main tempo tinggi 2x45 menit belum mampu. Sekarang tinggal menjaga kondisi fisik itu.”

halaman 2 dari 3

Baca Juga :


Layak Jadi Kapten


Selama menjalani 11 laga uji coba di Kroasia, Ridho sempat beberapa kali ditunjuk sebagai kapten tim. Pemain dengan ciri khas baju dimasukkan itu mulai dipercaya Shin Tae-yong sebagai kapten kedua setelah David Maulana.

Pengalaman Ridho menjadi kapten tijm sebenarnya baru dirasakan di Timnas U19. Ketika musim lalu mengantarkan Persebaya juara Liga 1 U20 tahun 2019 Ridho bukan berstatus sebagai kapten tim.

“Tahun lalu pasangan Ridho di bek tengah yang jadi kapten,” kata Uston. “Tapi dia [Ridho] tetap layak [jadi kapten timnas u19] karena punya kepribadian sangat bagus. Bisa menjadi contoh yang baik di dalam dan luar lapangan.”

“Contoh kecil dia bajunya pasti dimasukkan, menunjukkan bahwa dia disiplin baik di dalam maupun di luar lapangan. Dia juga respek dengan pelatih, teman dan lawan,” puji Uston.

Meski menunjukkan peningkatan, Uston berharap Ridho tidak cepat puas. Pemain yang mengidolakan Hansamu Yama itu harus menunjukkan performa konsisten supaya bisa terus membela timnas.

"Harapannya jangan cepat puas diri, tetap menginjak bumi istilahnya, karena perjalanan masih panjang."

halaman 3 dari 3






Video Trending



Berita Terkait


1606613402679

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?