Budaya Jepang Perlahan Menjalar ke Skuat Timnas Futsal Indonesia


  •    Rissalah Maulana
  •    13/11/20 - 18:50
  •    3.693

timnas futsal indonesia
timnas futsal indonesia (foto: FFI)

Skuat timnas futsal Indonesia telah hampir tiga tahun ditangani oleh pelatih kepala asal Jepang, Kensuke Takahashi. Sudah banyak perubahan yang dilakukannya, terutama pada pemain.

Sang pelatih sendiri mengakui hal ini. Menurutnya, para pemain selama dua tahun belakangan mampu berkembang dan berevolusi seperti yang dia mau. Terutama tentang bagaimana mereka menjalani hidup sebagai seorang pemain.

"Jadi secara taktik pasti ada perkembangan yang sangat banyak. Tapi fase sekarang memang sudah disiapkan sejak 2 tahun lalu untuk AFC Futsal Championship ini," kata Kensuke Takahashi.

Selain itu, budaya-budaya Jepang yang coba ditanamkan Kensuke mulai bisa diterapkan oleh Bambang Bayu Saptaji cs. Contoh nyata adalah perilaku disiplin dan profesionalisme masing-masing pemain.

Baca Juga :


"Paling mendasar adalah profesionalisme pemain. Mereka bisa mempersiapkan diri dengan baik, datang latihan lebih cepat. Masing-masing sudah mengerti kebutuhannya, sehingga latihan bisa 100 persen," ucap Ken.

Bukan hanya di dalam lapangan, di luar lapangan pemain sudah tahu mana yang baik atau buruk baginya sebagai seorang atlet. Termasuk dalam hal makanan.

"Di luar lapangan profesionalisme pemain sangat bagus. Pemain contohnya sangat menjaga makanan. Menurut saya ini adalah pertumbuhan yang sangat baik," ungkap Ken.

Ken sendiri berharap bukan perilaku ini bukan hanya ada di skuat timnas futsal, tapi menular ke pelaku futsal lainnya di Indonesia. halaman 2 dari 2


Cerita Renan Silva: Keringat dan Kerja Keras Raih Gelar Best Player Liga 1







Video Trending



Berita Terkait


1605342001986

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?