Enam Klub Liga 1 Dinyatakan Profesional, Persija dan Persebaya Tak Termasuk


  •    Kukuh Wahyudi
  •    20/11/20 - 09:20
  •    35.837

Komposisi yang ikut rapat Club Licensing Committee PSSI.
Komposisi yang ikut rapat Club Licensing Committee PSSI. (PSSI)

AFC Club Licensing Cycle 2020 untuk klub-klub Indonesia telah dituntaskan. Hasilnya ada enam klub yang dinyatakan lolos secara profesional atau granted.

Mereka adalah Bali United, Persipura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib, dan Arema FC. Keputusan itu berdasarkan rapat Club Licensing Committee PSSI yang mengacu pada standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional versi AFC.

Ada lima kriteria penilian yang diterapkan dalam menentukan tim-tim mana saja yang berhak menyandang status profesional edisi kali ini. Mulai dari sporting, infrastruktur, SDM dan administrasi, legal, hingga finansial.

"PSSI kedepan akan sedang menyiapkan National Club Licensing untuk kita terapkan di Liga 1 dan Liga 2," tutur Yunus Nusi, Plt. Sekjen PSSI seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

Baca Juga :


"Kami berharap semakin banyak klub profesional di Tanah Air yang membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia sudah berada dalam track menuju industri sepak bola. Karena semakin banyak klub profesional di Indonesia, semakin maju dan jaya sepakbola Indonesia,” katanya lagi.
Mengacu pada jumlah klub yang lolos sebenernya tak ada yang istimewa dibandingkan edisi AFC Club Licensing sebelumnya. Pasalnya, pada 2019 pun juga hanya enam tim yang dinyatakan profesional.

Kala itu Arema FC, Persebaya, Persija, Persib, Persipura, dan PSM. Artinya, ada tim yang tak konsisten mempertahankan kriteria profesionalnya seperti Persija, Persebaya, dan PSM serta ada tim yang semakin baik, seperti Bhayangkara, Balli United, dan Borneo FC.

Selain untuk berlabel profesional, AFC Club Licensing berfungsi sebagai syarat untuk tampil di kompetisi level Asia, Liga Champions Asia dan Piala AFC. Jika tak lolos AFC Club Licensing maka tak akan bisa tampil di Asia. halaman 2 dari 2






Video Trending



Berita Terkait


1605960002674

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?